Teori Strukturasi: Habitus dan Kapital dalam Strategi Kekuasaan (Studi Kepemimpinan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta)

Ade Nufus Ade Nufus

Abstract


Perpustakaan sebagai sebuah organisasi penyedia informasi dianggap pelu menerapkan sistem manajemen organisasi yang mengatur tentang struktur organisasi. Hal tersebut dianggap perlu karena sebuah perpustakaan juga harus memiliki sosok pemimpin yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi, menaungi dan mampu memotivasi karyawannya agar dapat mencapai tujuan bersama yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan perpustakaan. Kepemimpinan sering dikaitkan dengan sebuah kekuasaan, baik dalam mengambil kebijakan, menetapkan standar dan memutuskan hubungan kerja. Dalam teori kekuasaan yang diungkapkan Pierre Bourdieu, kekuasaan adalah sebuah strategi dalam mempertahankan dominasi melalui melakukan upaya-upaya yang berbeda dengan orang lain. Kemudian dominasi tersebut ditentukan oleh kepemilikan kapital, habitus dan strategi penempatan kapital.


Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Haryatmoko. Membongkar Rezim Kepastian Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Yogyakarta: PT Kanisisus, 2016.

Kristina. Urgensi Kepemimpinan Transformatif bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakaloka, Vol.7, 2015.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. Komunikasi & Publikc Relation. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Soliha, Euis dan Hersugondo. Kepemimpinan yang Efektif dan Perubahan Organisasi, Jurnal Fokus Ekonomi (FE), 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/5976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.