INTERAKSI SOSIAL PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH ACEH

Sri Wahyuni Sri Wahyuni

Abstract


Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang
menyangkut hubungan antar individu dengan kelompok, dan
kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka
tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Dalam kegiatan
layanan hubungan sosial/interaksi antara pustakawan dengan
pemustaka merupakan interaksi sosial yang lazim terjadi di suatu
perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana
proses interaksi sosial yang dilakukan antara pustakawan dengan
pemustaka pada UPT. Perpustakaan Universitas Serambi Mekkah
Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Informan
dalam penelitian adalah pustakawan yang berjumlah 3 orang. Untuk
mendukung pengumpulan data tersebut, maka peneliti
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dalam hal ini peneliti menggunakan proses analisis data dengan
metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display,
verification (conclusion drawing). Adapun hasil penelitian yang yaitu
terjadinya interaksi sosial antara pustakawan dan pemustaka di
UPT. Perpustakaan Universitas Serambi Mekkah Aceh berlangsung
melalui kontak sosial dan komunikasi sosial. Interaksi yang terjadi
antara pustakawan saat memberikan pelayanan melakukan
komunikasi secara efektif, bersikap ramah, dan bersahabat kepada
pemustaka yang berkunjung. Adapun Bentuk-bentuk interaksi sosial
yang terjadi antara pustakawan dengan pemustaka yaitu:
kerjasama, motivasi, akomodasi, asimilasi dan simpati. Hal ini
dilakukan untuk membuat pemustaka merasa nyaman dan familiar
terhadap pustakawan.


Full Text:

PDF

References


A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajawali, 2004.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Dayakisni, Tri dan Hudaniah, Psikologi Sosial. Ed. 2, Malang: UMM Press, 2003.

Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif, Malang: Umm Press, 2008.Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.

Hermawan, Rachman dan Zulfikar Zein, Etika Kepustakawanan, Jakarta: Agung Seto, 2006.

Hikmat, Metode Penelitian: Dalam Prespektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

M. Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Yogyakarta: Erlangga, 2009.

Putu Laxman Pendit. Kompetensi Informasi dan Kompetensi Pustakawan. Diakses http://www.slideshare.net/setyo14/kompetensi-dan-karir, tanggal 08 Desember 2014.

Sri Rumani, Kompetensi Pustakawan dan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Nasional, dalam Visi Pustaka Vol.10 No.3, Desember 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia Pustaka Utama Jakarta: 1991.

Sulistyo-Basuki,. Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widyo Sastra, Bekerja Sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/5981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.