IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN IAIN BATUSANGKAR

Cut Afrina Cut Afrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengimplementasikan teknologi informasi sebagai usaha peningkatkan mutu layanan perpustakaan. Penelitian ini bersifat studi lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif (deskriptif analitis). Karakteristik penelitian kualitatif antara lain adalah penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data dan instrumen kunci penelitian adalah peneliti. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yang mana data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, tidak menekankan pada angka. Penelitian kualitatif melakukan analisis data secara induktif dan lebih menekankan makna (data dibalik yang teramati). Adapun hasil penelitian implemtasi teknologi  informasi untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan adalah suatu kegiatan pelaksanaan atau penerapan teknologi di perpustakaan yang dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan, mengolah, dan menyebarkan informasi untuk meningkatkan kualitas atau standar yang harus dicapai pada kegiatan utama disetiap perpustakaan belum terlaksana sepenuhnya dalam rangka meningkatkan mutu layanan di perpustakaaan IAIN Batusangkar. Perlu adanya pembaharuan agar implementasi teknologi dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan bisa terpenuhi sesuai dengan standard untuk sebuah perpustakaaan Perguruan Tinggi. Adapun cara mengimplementasikan atau menerapkan teknologi informasi dalam bidang perpustakaan dilakukan dengan memberikan sentuhan teknologi pada setiap layanan seperti penerapan pada  layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan journal atau majalah berkala, layanan multimedia atau audio-visual, layanan internet dan computer station, layanan keamanan pada koleksi perpustakaan dengan menggunakan sistem RFIDdan layanan lain yang dapat dimanfaatkan dari teknologi informasi dalam meningkatkan mutu layanan di perpustakaan IAIN Batusngkar.


Full Text:

PDF

References


Chusna, Rifngatul. Strategi Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus Di MAN Tulunggagung 1 dan MAN 2 Tulungagung). IAIN Tulungagung, Tulungagung: 2016. Dalam http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4331.

Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.

Hermanto, Bambang. Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Surabaya: Universitas Sebelas maret, 2008.

Hermanto, Bambang. Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, Surabaya: Universitas Sebelas maret, 2008.

Istiana, Purwani. Layanan Pperpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Ombak , 2014.

Mardalis. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta, Bumi Aksara,1995.

Moenir, H. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

NS, Sutarno. Manajemen Perpustakaan. Jakarta ; Sagung Seto, 2006.

Nugraha, Dindin. Mengenai Sistem Teknologi Informasi, Artikel Populer Ilmu Komputer.com, 2003.

Santi, Triana. Penerapan Teknologi Informasi Perpustakaan IAIN Sumatera Utara, Sumatra Utara. 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta, 2008.

Surachman, Arif. Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi, Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Gajah Mada, 2008.

Suhartika, Putu. Implementasi Teknologi Informasi Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan. Pustaka, Vol.6 No.2 – Desember 2004. Dalam https://digilib.undip.ac.id › 2012/05/22 › implementasi-teknologi-informas.

Sutamo, Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Samitra Media Utama, 2004.

, Manajemen Perpustakaan. Jakarta, Sagung Seto, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/5986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.