Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang

Dwi Wijatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan koleksi pada perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang. Fokus penelitian ini pada proses seleksi, pengadaan buku baru atau dan kerjasama dengan agen juga pihak sekolah kebijakan penyiangan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Informan pada penelitian ini dipilih satu orang staff perpustakaan dengan nama Uci Febriani., S.Hum. Hasilnya Perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang  dalam melakukan pengembangan koleksi telah sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang ada, mulai dari peroses seleksi, pengadaan buku baru atau dan kerjasama dengan agen juga pihak sekolah kebijakan penyiangan, hingga evaluasi. Hasil yang diperoleh juga menunjukan adanya kerjasama dalam pengadaan koleksi, dengan agen, siswa, dan juga guru dalam penentuan bahan yang akan dipesan. Staff perpustakaan yang menyeleksi buku-buku yang ingin diadakan juga tidak memiliki egois yang tinggi untuk mengikuti kemauan pribadi untuk mengadakan buku yang staff perpustakaan inginkan saja. Jadi, pustakawan penyeleksi di perpustakaan SD Islam Hidayatullah Semarang bekerja secara professional. Selain hasil tersebut juga ditemukan beberapa kendala pada saat pengadaan koleksi yaitu; agen memberikan pesanan yang tidak sesuai, agen memburui untuk dalam pembayaran, dan tidak mudahnya melakukan pengadaan.

Kata Kunci : pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah, SD    Islam Hidayatullah.


References


American Library Association. "Acquisitions Procedures", dalam http://www.ala.org/tools/challengesupport/selectionpolicytoolkit/acquisitions, diakses pada tanggal 20 Oktober 2019.

American Library Asspciation, “Collection Maintenance and Weeding”. dalam http://www.ala.org/tools/challenge support/ selectionpolicytoolkit/weeding, diakses pada tanggal 20 Oktober 2019.

Barbara Schultz-Jones, 2015. IFLA SCHOOL LIBRARY GUIDELINES. The International Association of School Librarianship Executive Board, 2nd revised edition. Endorsed by the IFLA Professional Committee.

Evans, G Edward. 2000. “Developing Library and Information Center Collection”. (New York: Library unlimited).

Laugu,Nurdin, “Representasi Kuasa dalam Pengelolaan Perpustakaan: Studi Kasus Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta”. (Yogyakarta: Gapernus Press, 2015).

Winoto, Yunus. (2016). Study Tentang Kegiatan Pengembangan Koleksi (Collection Development) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. Vol.4, No.2. Jurnal KHIZANAH AL-HIKMAH.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/7684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.