Model Promosi Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat
Abstract
This study is entitled The Model of Library Promotion at the Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. The purpose of this study is to describe the promotion model and the constraints faced in carrying out the promotion. data collection method used is to use the method of participation that is directly involved in activities carried out by the library by observing activities. Then use the interview method by asking questions online with the librarian. The results of this study explain that the promotion model that exists in the Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat is to use brochures, social media websites, and special events. In carrying out promotional activities have not been carried out on a scheduled basis. The benefits in carrying out the promotion have made visitors increase but have not shown significant changes.
Keywords: promotion model, media promotion, library
Penelitian ini berjudul Model Promosi Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripkan model promosi serta kendala yang dihadapi dalam melakukan promosi. metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode partisipasi yaitu secara langsung ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan perpustakaan dengan cara mengamati kegiatan. Kemudian menggunakan metode wawancara yaitu denga bertanya jawab secara online dengan pustakawan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa model promosi yang ada pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat adalah dengan menggunakan brosur, website media sosial, serta event-event khusus. Dalam melaksanakan kegiatan promosi belum terlaksana secara terjadwal. Manfaat dalam melaksanakan promosi sudah membuat pengunjung bertambah tetapi belum menunjukan perubahan yang signifikan.
Kata Kunci:model promosi, media promosi, perpustakaanFull Text:
PDFReferences
Afriani, n., & yunaldi, y. (2012). Peranan promosi perpustakaan terhadap kunjungan pemustaka di perpustakaan umum kota solok. Ilmu informasi perpustakaan dan kearsipan, 1(1), 9–16. Https://doi.org/10.24036/331-0934
Asdam, b. (2015). Minat baca dan promosi perpustakaan sebagai sarana mendekatkan masyarakat pada perpustakaan. Jupiter, xiv(1), 32–37.
Binalay, a. (2016). Manfaat Promosi Perpustakaan pada Mahasiswa FISPOL dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi oleh. Acta diurna, v(3).
Evelina, n., dw, h., & listyorini, s. (2012). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomflexi (studi kasus pada konsumen telkomflexi di kecamatan kota kudus kabupaten kudus). Diponegoro journal of social and politic, (c), 1–11.
Fatimah. (2018). Perpustakaan, manfaat, kelebihan dan kekurangan.Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 30–35. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Margana, H. H., & Amir, I. (2015). The Relationship between The Promotion of Library Service and Increased Student Visits to School Library. Edulib, 5(2), 87–91. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i2.4396
Nurlaila. (2009). Peranan Promosi Perpustakaan Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra’, 03(01), 18–30.
Setiawan, B., & Arfa, M. (2019). Efektivitas promosi perpustakaan dalam bentuk brosur terhadap minat kunjung pemustaka: studi kasus di kantor arsip dan perpustakaan kabupaten pati jawa tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 231–240.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/7687
Refbacks
- There are currently no refbacks.