KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM RESEARCH DATA MANAGEMENT DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Rheza Ega Winastwan

Abstract


Research data management (RDM) merupakan kegiatan yang mempunyai ruang lingkup perencanaan, pengumpulan, pengorganisasian, pengelolaan, penyimpanan, keamanan, pencadangan, pemeliharaan, dan berbagi data yang memastikan data penelitian dikelola sesuai undang-undang, hukum, dan etika. Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk memberikan wawasan serta pengetahuan kepada para pustakawan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia mengenai kompetensi yang diperlukan dalam kegiatan RDM. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan tinjauan literatur yaitu melalui penelusuran informasi yang bersumber dari berbagai karya ilmiah yang telah dipublikasikan dengan topik bahasan yang sama yaitu mengenai kompetensi pustakawan dan Research Data Management. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat tiga poin utama untuk menunjang kegiatan research data management ini yaitu menyediakan akses, advokasi dan dukungan, dan mengelola data. Pada setiap poin tersebut, dijabarkan kembali tentang kompetensi pustakawan yang dibutuhkan. Dari tiga poin tersebut, didapatkan duapuluh dua kompetensi pustakawan yang diperlukan dalam kegiatan research data management tersebut.

 

Kata Kunci : Research Data Management

Full Text:

PDF

References


Fadhli, Rahmat. “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Research Data Management Untuk Mendukung Scholary Communication”. Jurnal Khazanah Al-Hikmah. Vol 6, No. 2, Desember 2018.

Khasanah, Nanan. “Kompetensi Pustakawan di Era Perpustakaan Digital”. Paper dipresentasikan dalam acara Pelatihan Perpustakaan Digital Untuk Pustakawan di Lingkungan PMPTK se-Indonesia di Institut Teknologi Bandung, tahun 2008.

Moehariono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. (Jakarta: Ghalia Indonesia), 2009.

Nurmalina.”Eksistensi dan Kompetensi Pustakawan”. Jurnal Tamaddun. Vol 15, No. 1, Januari-Juni 2015.

Priyanto, Ida Fajar. Perpustakaan Digital: Apa dan Bagaimana, (Yogyakarta), 2009.

Patel, Dimple. “Research Data Management: a Conceptual Framework”. Library Review. Vol 65, No. 4, July 2016.

Pitt Libraries. “Research Data Management”. Dari https://pitt.libguides.com/managedata diakses pada tanggal 16 November 2019.

Shearer, Birgit Schidmt Kathleen. “Librarians Competencies Profile for Research Data Management”, dalam https://www.coar-repositories.org/files/Competencies-for-ScholComm-and-OA_June-2016.pdf, diakses tanggal 15 November 2019.

Sjahrial-Pamuntjak. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan, (Jakarta:Universitas Terbuka), 2000.

Spencer, Lyle. M dan M. Signe, Spencer. Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley &Sons, 1993.

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Gramedia Pustaka), 1993.

Thoyibbah, Rizka Halalinatin. “Standar Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Se Surabaya (Studi Deskriptif: Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Berdasarkan SKKNI di Bidang Perpustakaan)”, Jurnal Unair. 2015.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf, diakses tanggal 18 November 2019.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Dari https://www.perpusnas.go.id/lawdetail.php?lang=id&id=170920114322Ir9g6HhRuc, diakses tanggal 16 November 2019.

Whyte, Angus dan Tedds, Jonathan. “Making the Case for Research Data Management”. A Digital Curation Centre Briefing Paper. (September, 2011), 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/9014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.