REVITALISASI LAYANAN REFERENSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.22373/9016Abstract
Artikel ini berjudul Revitalisasi Layanan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Layanan referensi belum memberikan peran yang signifikan dalam kaitannya dengan akses informasi kepada para pemustaka. Minimnya peran pustakawan referensi dalam membantu para pencari informasi tanpa peduli atas validitas dan reliabilitas informasinya, acuh terhadap kepuasan si pencari informasi atas informasi yang didapatkannya merupakan akibat sifat layanan rujukan hanya sampai menunjukkan saja. Tulisan ini menelusuri makna layanan referensi, fungsi layanan referensi dan koleksi bagi pemustaka, Revitalisasi layanan referensi perpustakaan perguruan tinggi dalam upaya menjaga citra perpustakaan dimata pemustaka adalah kajian artikel ini.
Kata Kunci: Layanan Referensi, Kompetensi Pustakawan
References
Barbara E. Chernik, Introduction to Library Services, Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, 1992.
Daryanto, Pengetahuan Praktis Bagi Pustakawan, Malang: Binacipta, 1986.
G. Edward Evans, Anthony J. Amodeo, and Thomas L. Carter, Introduction to Library Public Services, 5th ed, Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, 1992
P. Sumardji, Pelayanan Referensi di Perpustakaan, Yogyakarta: Kanisius, 1992
Soejono Trimo, Buku Panduan Untuk Mata Kuliah Reference Work dan Bibliography Dengan Sistem Modular, Jakarta: Bumi Aksara, 1997
Syukrinur, Pustakawan Sebagai Komunikator Dalam Layanan Referensi Perpustakaan, dalam Jurnal Iqra’, Volume 11 No.02, Oktober 2017
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Articles