PERBANDINGAN STRUKTUR KATA SIFAT DALAM BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INDONESIA

M. Syaiful Kamal

Abstract


Manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya tentu membutuhkan sarana untuk berkomunikasi. Bahasa merupakan salah satu  sarana yang dalam keseharian digunakan berkomunikasi sehingga terbentuklah suatu interaksi. Dalam setiap bahasa tentunya mengandung beberapa struktur kalimat yang berbeda,  akan tetapi makna dan tujuannya sama. Bahkan dalam bahasa arab urutan peletakan kata sangat mempengaruhi dalam hal makna yang dikehendaki. Begitu juga berlaku dalam struktur kata sifat yang berada didalam sebuah bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Makanya sangat penting untuk mengetahui struktur dari kedua bahasa tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komperatif ( copparative method ) adalah pendekatan yang digunakan untuk persamaan atau perbedaan antara bahasa-bahasa yang diperbandingkan. Dan didukung dengan analisis kontrastif untuk menunjukkan persamaan dan perbedaan antara bahasa-bahasa atau dialek-dialek untuk mencari prinsip yang dapat diterapkan dalam masalah praktis, seperti pengajaran bahasa dan penerjemahan.

Asumsi sementara penulis adalah bahasa Arab dalam penempatan kata sifat dalam sebuah kalimat harus menyesuaikan dalam hal feminim dan maskulinya serta tunggal, tasniyah, maupun jamaknya. Sedangkan bahasa Indonesia tidak mengenal hal ini. Jadi dapat disimpulkan  bahwa bahasa Arab lebih ketat dan teratur dalam hal struktur kalimatnya.

Keywords


struktur, konstrastif, kata sifat, dan komperatif

Full Text:

PDF

References


An’im, Abu, 2009. Sang Pangeran Nahwu. Kediri: Mu’jizat Group.

Chaer, Abdul, 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Ghayalaini, Musthafa, Syeikh . Jamiud Durus Al-Arabiyah. Beirut: Dar El Fikr.

Al Hasyimi, Ahmad, Sayyid, 2012. Al Qawaidul Asasiyah. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Yadi, Nur, 2013. Skripsi “ kata sifat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia”. Semarang : UIN Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v8i2.4562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 M. Syaiful Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2020/2021, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter