Analysis of Qiyas Preposition in the Thoughts of Ibn Hazm
Abstract
Peran serta kehujahan qiyas selaku salah satu usaha menggali suatu hukum, nyatanya sedang meninggalkan suatu dilema serta perbincangan diantara jumhur malim dalam kurun durasi yang jauh. Sementara itu qiyas jadi harapan jumhur malim ketika suatu kasus tidak ditemui status ketetapannya dalam Al- Qur’ an, Sunnah, serta ijma’. Dalam catatan ini, pengarang hendak menelaah mengenai argumentasi yang dibentuk oleh Ibn Hazm dalam upayanya menyangkal qiyas selaku tata cara penentuan hukum Islam. Riset ini merupakan library research ataupun riset pustaka dengan memakai tata cara kualitatif yang bertabiat deskriptif analisa, ialah dengan mengakulasi sumber- sumber yang berhubungan dengan subjek, setelah itu dianalisis dengan cara kualitatif untuk menanggapi kasus yang sudah diformulasikan. Hasil riset ini membuktikan kalau Al-Qur’ dan Hadits merupakan pangkal penting hukum Islam, walaupun pangkal penting hukum Islam masih memiliki keterbatasan redaksional sedangkan permasalahan yang timbul senantiasa bertumbuh serta tanpa batasan, mengalami permasalahan ini supaya tidak terbebas dari nash para malim jumhur memakai qiyas selaku jalur keluar serta Jumhur malim akur kepada keabsahan qiyas. Sebaliknya beberapa malim dalam perihal ini ajaran Zhahiri yang dimotori Ibn Hazm menyangkal qiyas bagus selaku pangkal hukum ataupun selaku tata cara penentuan hukum Islam. Antipati Ibn Hazm atas qiyas didasarkan pada dalil- dalil al- Qur`an serta Perkataan nabi, tidak hanya itu beliau membelit- belitkan terdapatnya ijma’ kawan yang bagi klaim para pendukung qiyas selaku bawah keabsahan qiyas. Selaku keterkaitan dari penilakan Ibn Hazm kepada qiyas, dalam akal fiqhnya beliau lebih banyak memakai tata cara Istishâb serta pendekatan analisa kebahasaan dalam ijtihad yang beliau jalani.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. (1996). Dinamika Qiyas Dalam Pembaharuan Hukum Islm Kajian Qiyas Imam Syafi’i. Pedoman Ilmu Jaya.
Ali, W. Z. K. W. (2009). Al-Zahiriyyah di Adalusia: Analisis dari Perspektif Pemikiran Islam. Jurnal Usuluddin, 29, 45–63.
Al-Khatib, A. K. (2005). Ijtihad; Menggerakkan Potensi Dinamis Hukum Islam. Gaya Media Pratama.
Alwi, H. R. (2005). Metode ijtihad mazhab Al-Zahiri: Alternatif menyongsong modernitas. Gaung Persada Press.
Arofah, A. S. (2019). Qiyas Sebagai Dasar Penta’lilan Hukum Islam. An-Nahdlah, 5(2), 115–144.
Asrowi, A. (2018). Ijma dan Qiyas dalam Hukum Islam. Aksioma Al-Musaqoh: Journal of Islamic Economics and Business Studies, 1(1).
Biek, S. M. al-Khuhari. (2007). Ushul Fikih. Pustaka Amani.
Fuad, A. M. (2016). Qiyas Sebagai Salah Satu Metode Istinbāṭ Al-Ḥukm. Mazahib, 15(1), 42–60.
Ghulam, Z. (2018). Aplikasi Qiyas Dalam Ekonomi Islam. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 211–232.
Haroen, N. (1997). Ushul Fiqh 1. PT Logos Wacana Ilmu.
Hatim, A. (2018). Hukum Penggunaan Media Sosial Bagi Wanita Dalam Masa ‘Iddah Dan Ihdâd (Perspektif Qiyâs). Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 17(1), 13–40.
Hazm, I. (1976). Al-Muhalla. Idarah al-Thabaiyyah al-Munirah.
Hazm, I. (1986). Al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam. Dar al-Afaq al-Jadidah.
Hazm, I. (2010). al-Andalusi. Al-Fisal fi al-Milal wa al-Ahwal wa al Nihal. Dar al-Hadits.
Hidayatullah, M. S. (2020a). Formulasi Rechtsvinding Dengan Penalaran Analogis Dalam Epistemologi Hukum Islam (Telaah Metodologis Qiyas sebagai Ra’y terhadap Mashâdir al-Ahkâm asy-Syar’iyyah). Juris (Jurnal Ilmiah Syariah), 19(2), 177–201.
Hidayatullah, M. S. (2020b). Konstruksi Berpikir Qiyas Sebagai Penalaran Ijtihad Dalam Instinbath Hukum Ekonomi Dan Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(2), 308–334.
Khallaf, A. W. (1994). Ilmu Ushul Fiqh. Dina Utama.
Khallaf, S. A. W. (2015). Ilmu Usul Fikih (5th ed.). PT Rineka Cipta.
Khalllaf, A. W. (2003). Ilmu Ushul Fikih (kaidah Hukum Islam) (cet. I). Pustaka Amani.
M. Zein, S. E. (2005). Ushul Fiqh. Perpustakaan Nasional.
Nurhayati, & Sinaga, A. I. (2018). Fiqh dan Ushul Fiqh. Kencana.
Sakirman, S. (2018). Metodologi Qiyas Dalam Istinbathhukum Islam. Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 9(1), 37–55.
Salam, N. (2019). Kepemimpinan dan Nafkah Keluarga dalam Perspektif Nalar Tekstualis Ibn Hazm Al-Dzahiriy. Journal de Jure, 11(1), 48–62.
Supriadi, D. (2013). Ushul Fiqh Perbandingan. Cv Pustaka Setia.
Syarifuddin, A. (2008). Ushul Fiqh Jilid 1. Media Gafika.
Tihami, M. (1995). Al-Qiyas Dan Al-Dalil. Al Qalam, 10 (56), 21–32.
Tohari, C. (2016). Argumentasi Ibn Hazm: Dekonstruksi Kehujjahan Qiyâs Sebagai Metode Penetapan Hukum Islam. Jurnal Istinbath, 13 (1).
Wirman, H. P. (2013). Problematika Pendekatan Analogi (Qiyas) Dalam Penetapan Hukum Islam (Telaah atas Pemikiran Ibn Hazm dan Ibn Qayyim al-Jawziyah). Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 47(1).
YD, N. K. (2018). Penalaran Ushul Fiqh Ibnu Hazm (Analisis Penolakan Illat dan Qiyas Sebagai Dalil Hukum Islam). Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 9(1), 57–82.
Zahra, muhammad abu. (2022). Ushul Fiqh. Pustaka firdaus.
Zuhri, Z. (2012). Konsep Pengetahuan Ibn Hazm. Al Qalam, 29(1), 111–126.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jms.v24i2.15608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ruhdiara Ruhdiara, Amrun Saleh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All papers published in Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |