References
A. Abdurrahman, (1986), Kamus Ekonomi-Perdagangan, Jakarta: Gramedia.
Ahsin W. al-Hafidz, M.A, (2005), Kamus al-Quran, Jakarta: Amzah.
Asri, “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk Pangan Yang Tidak Bersertifikat Halal (Legal Protection To The Consumer On Non Halalcertificate Products)”, dalam Jurnal IuS | Vol IV | Nomor 2 | Agustus 2016 |
Az. Nasution, (1995), Konsumen dan Hukum, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Engel, J.F. et.al., (1994), Consumer Behavior Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Farid Wajdi dan Diana Susanti, (2021), Kebijakan Produk Halal di Indonesia, Jakarta Timur: Sinar Grafika.
Firman Tumantara Endipradja, (2016), Hukum Perlindungan Konsumen: Filosofi Perlindungan Konsumen dalam Perpektif Politik Hukum Negara Kesejahteraan, Malang: Setara Press.
FORDEBI dan ADESY, (2016), Ekonomi dan Bisnis Islam: Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta: Rajawali Pers.
Hilda Murni, “Analisis Efektifitas Pelaksanaan Program Piagam Bintang Keamanan Pangan pada Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Perspektif Balai Besar POM di Padang”, Tesis. Universitas Negeri Padang, Tahun 2010.
https://likekus.wordpress.com/2012/.../makanan-halalan-ṭayyiban/
https://www.halalmui.org/mui14/main/page/regulasi-halal-di-indonesia.
K.M. Ridho El-Razy dan Romli SA. “Politik Hukum Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Ḥalal” dalam Jurnal Muamalah, Volume 1 Juni 2019.
KN. Sofyan Hasan, “Pengawasan dan Penegakan Hukum terhadap Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan”, dalam Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM NO. 2 VOL. 22 APRIL 2015.
Lawrence M. Friedman, (2013), Sistem Hukum, Perspektif Ilmu Sosial, Bandung: Penerbit Nusa Media.
Louis Ma’luf, (1986), Al-Munjid fi al-Lughah, Beirut: Dar El-Machreq Sari Publisher.
LPPOM-MUI, “Menentramkan Umat”, dalam Jurnal Halal, No. 43. Tahun. VII. Tahun 2002.
Paisol Burlian, “Reformulasi Yuridis Pengaturan Produk Pangan Halal Bagi Konsumen Muslim Di Indonesia”, dalam jurnal Ahkam Vol. XIV, No. 1, Januari 2014.
Martiman, “Strategi Pemasaran Barang Dan Jasa Perusahaan Melalui Media Iklan”, dalam Jurnal Ilmiah WIDYA, Volume 2 Nomor 2 Mei-Juli 2014.
May Lim Charity, “Jaminan Produk Halal Di Indonesia (Halal Products Guarantee In Indonesia)”, dalam Jurnal Legislasi Indonesia, Vol. 14 No. 01 – Maret 2017.
Muchtar Ali, “Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal”, dalam Jurnal Ahkam: Vol. XVI, No. 2, Juli 2016.
Peter Mahmud Marzuki, (2009), Penelitian Hukum, Jakarta: Kencana.
Ratna Wijayanti, “Kaidah Fiqh dan Ushul Fiqh Tentang Produk Halal, Metode Istinbath dan Ijtihad dalam menetapkan Hukum Produk Halal” dalam International Journal Ihya’ ‘Ulum Al-Din, Vol 20 No 2 (2018).
Roqib As-Sofyan, (t.th.), Mu’jam al-Lafdzi al-Quran, Beirut: Darul Fikr.
Solikhul Hadi, “Pengaruh Konfigurasi Politik Pemerintah Terhadap Produk Hukum” diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/54276-ID-pengaruh-konfigurasi-politik-pemerintah.pdf.
Wahbah al-Zuhaili, (1986), Ushul al-Fiqh al-Islami, Beirut: Dar al-Fikr
Warto dan Syamsuri, “Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Ḥalal di Indonesia”, dalam Journal of Islamic Economics and Banking, Vol 2 No.1 Bulan Juli Tahun 2020.
Yusuf