Kewarisan Antarumat Beragama Versus Kewajiban Nafkah

Ali Abubakar

Abstract


Hadis Nabi secara tegas melarang kewarisan antarumat beragama. Inilah yang menjadi pegangan Jumhur ulama fikih dengan hanya sedikit perbedaan. Dalam praktik masyarakat, perkembangan peraturan perundangan, dan “fikih individual†kontemporer, pelarangan tersebut cenderung dinafikan karena alasan kemanusiaan. Artikel ini mengaitkan larangan tersebut dengan (1) kewajiban nafkah orangtua-anak dan suami-isteri; dan (2) status hadis dengan pemilahan hadis-hadis ke dalam mu’abbad (universal, abadi) dan muwaqqat (lokal, temporal). Hasil kajian, warisan adalah bagian dari nafkah. Karena itu, tidak ada halangan perbedaan agama dalam pembagian warisan kepada pemilik hak tersebut. Dari aspek kesejarahan dan kaitannya dengan al-Qur'an, hadis pelarangan kewarisan antarumat beragama termasuk ke dalam kategori mu’abbad; berlaku hanya pada suatu waktu ketika Nabi Muhammad masih hidup.

Keywords


Kewarisan, Agama, Ulama Fikih, Nafkah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofiq, Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Ê»AlÄ« al-á¹¢ÄbÅ«nÄ«, Muhammad, Pembagian Waris menurut Islam, terj. A.M. Basamallah, cet. ke-2, Jakarta: Gema Insani, 2007.

Ali Parman, Kewarisan dalam Al-Qur'an Suatu Kajian Hukum dengan Pendekatan Tafsir Tematik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Ali, “Hubungan al-Qur'an dan Hadis: Kajian Metodologis terhadap Hukuman Rajamâ€, Disertasi tidak diterbitkan. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2014.

Asgar Ali Engineer, Islam dan Teologi Pembebasan, terjemahan Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Asyhari Abta dan Djunaidi Abd. Syukur, Ilmu Waris al-Faraid Deskripsi Berdasar Hukum Praksis dan Terapan, Surabaya: Pustaka Hikmah Perdana, 2005.

BukhÄrÄ«, AbÅ« Ê»AbdullÄh Muḥammad bin IsmÄʻīl al-, al-JÄmiÊ» al-á¹¢aḥīḥ, Kairo: al-Maá¹­baÊ»ah al-Salafiyyah, 1400 H.

Davida Ruston Khusen, “Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Pembagian Waris Beda Agama di Desa Balun,Kecamatan Turi Kabupaten Lamonganâ€, Skripsi tidak diterbitkan, Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2014.

Fatchur Rahman, Ilmu Waris, cet. III, Bandung: Al-Ma`arif, 1994.

Fazlur Rahman, Tema Pokok Al-Qur'an, cet. II, terj. Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka, 1996.

Khallaf, Abdul Wahhab, AḥkÄm al-AḥwÄl al-Syakhá¹£iyyah fÄ« al-Syarī’at al-IslÄmiyyah, Kuwait: DÄr al-Qalam li al-Nasyr wa al-Tawzī’, 1990M/1410H.

Ibnu Rusyd, AbÅ« al-WalÄ«d Muḥammad bin Aḥmad bin Rusyd al-Qurá¹­ubÄ« al-AndalusÄ«, Syarḥ BidÄyah al-Mujtahid wa NihÄyah al-Muqtaá¹£id, jilid IV, cet. I, Kairo: DÄr al-SalÄm, 1416 H/1995 M.

Jawad Mugniyah, Muhammad , Fiqh Lima Madzhab, terjemahan Masykur A.B, Jakarta: Lentera, 1996.

Muslich Maruzi, Pokok-pokok Ilmu Waris, Semarang: Pustaka Amani, 1981.

Na’im, Abdullah Ahmed an-, Dekonstruksi Syari’ah : Wacana Kebebasan Sipil, HAM dan Hubungan Internasional dalam Islam. Yogyakarta: LkiS, 1990.

NawÄwÄ«, MuhyÄ« al-DÄ«n AbÅ« ZakariyÄ YaḥyÄ bin Syaraf al-, á¹¢Äḥīḥ Muslim bi Syarḥ al-NawÄwÄ«, cet. I, Kairo: Maá¹­baÊ»ah al-Miá¹£riyyah, 1347 H/1929 M.

Nurcholish Madjid, dkk., Fiqih Lintas Agama: Membangun Masyarakat Inklusif- Pluralis, cet. VII, Jakarta: Paramadina, 2005.

RasyÄ«d Riá¸Ä, Muḥammad, TafsÄ«r al-Qur’Än al-ḤakÄ«m, cet. II, Kairo: DÄr al-ManÄr, 1366 H/1947 M.

Saekan dan Erniati Effendi, Sejarah Penyusunan Kompilasi Hukum Islam Indonesia, Surabaya: Arkola, 1997.

Tim Redaksi Fokus Media, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Kompilasi Hukum Islam, Bandung: Fokus Media, 2014.

Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

ZuḥailÄ«, Wahbah al-, MawsÅ«Ê»ah al-Fiqh al-IslÄmÄ« wa al-Qaá¸ÄyÄ al-MuÊ»Äá¹£irah, juz VI, Damaskus: DÄr al-Fikri, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jms.v19i1.2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Syari'ah



Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial has been indexed by:

 

All papers published in Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial are licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.