Status Muslim Sebagai Syarat Ḥaḍānah (Studi Pendapat Imām Al-Ghazālī)

Gamal Akhyar, Muatsyah AMD

Abstract


Abstrak: Pengasuhan anak atau ḥaḍānah adalah perkara penting dalam pernikahan. Pihak pengasuh anak diharapkan harus orang-orang yang layak secara hukum. Hal ini dilakukan agar kebutuhan semasa kecil itu dapat terpenuhi dengan bagi. Hanya saja, ulama tidak padu dalam menetapkan syarat pengasuh, khususnya apakah pengasuh itu disyaratkan berstatus muslim atau tidak. Penelitian diarahkan pada kajian pemikiran Imām al-Ghazālī. Permasalahan yang didalami adalah tentang bagaimana syarat ḥaḍānah menurut Imām al-Ghazālī, bagaimana dalil dan metode istinbāṭ yang ia gunakan dalam menetapkan status muslim sebagai syarat pengasuhan, dan bagaimana pandangan Imām al-Ghazālī tersebut dilihat dari konteks kekinian. Penelitian ini dikaji dengan metode analisis-deskriptif. Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa menurut Imām al-Ghazālī, syarat-syarat ḥaḍānah dalam Islam ada lima, yaitu pengasuh beragama Islam “الإسلام”, berakal “العقل”, merdeka “الحرّيّة”, dapat dipercaya “الأمانة”, dan memiliki kemampuan mengasuh “الفراغ”. Imām al-Ghazālī berpendapat orang tua pengasuh anak harus seorang muslim. Pengasuh yang berstatus non-muslim atau kafir tidak layak mendapat hak asuh, meskipun itu ibu kandungnya. Dalil yang digunakan Imām al-Ghazālī dalam menetapkan status muslim sebagai syarat ḥaḍānah yaitu QS. Āli ‘Imrān ayat 28, QS. al-Nisā’ ayat 141, dan QS. al-Taḥrim ayat 6, dan hadis riwayat Abī Dāwud nomor 2244. Adapun metode istinbāṭ Imām al-Ghazālī cenderung menggunakan dua metode istinbāṭ sekaligus, yaitu metode penalaran bayāniyah dan ta’līliyah. Metode bayāniyah digunakan dalam kaitan pemahaman atas teks ayat Alquran yang berlaku umum. Sementara metode penalaran ta’līliyah terlihat pada adanya analogi hukum tentang larangan perwalian orang muslim atas kafir dengan larangan pengasuhan orang muslim atas kafir. Pendapat Imām al-Ghazālī dilihat dari konteks kekinian di Indonesia tampak sulit untuk diterapkan. Hal ini diindikasikan dari tidak adanya regulasi yang kuat menganai syarat muslim sebagai pengasuhan. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan maupun Kompilasi Hukum Islam tidak memuat syarat muslim bagi pengasuh anak.

Abstract:  childcare or Ḥaḍānah is an important thing in marriage. Child caregivers are expected to be legally worthy persons. This is done so that the small demand can be fulfilled. The scholars are not only in terms of setting the caregivers, especially whether the nanny is required to be Muslim or not. The research was directed at the study of Imām al-Ghazālī. The issue in question is about how the terms Ḥaḍānah according to Imām al-Ghazālī, how the evidence and method of istinbāṭ that he used in establishing Muslim status as a parenting condition, and how  Imām al-Ghazālī 's view is seen from the contemporary context. The study was examined by a descriptive-analytical method. The results of research analysis show that according to Imām al-Ghazālī, the terms of Ḥaḍānah in Islam are five, namely the  Islamic Nanny "الإسلام", resourceful "العقل", Merdeka "الحرّيّة", can be trusted "الأمانة", and can nurture "الفراغ". Imām al-Ghazālī thought the parents of the babysitter must be a Muslim. Caregivers who are non-Muslim or pagan are not worthy of custody, even though it is a biological mother. The evidence used by Imām al-Ghazālī in establishing Muslim status as a condition of Ḥaḍānah namely    QS. Āli ' Imrān para 28, Qs. Al-Nisā ' verses 141, and Qs. Al-Taḥrim verse 6, and Hadith history abī dāwud number  2244. The Istinbāṭ method of Imām al-Ghazālī tends to use two istinbāṭ methods at once, namely Bayāniyah and Ta'līliyah reasoning methods. The Bayāniyah method is used concerning understanding the text of the Koran. While the method of reasoning Ta'līliyah seen in the analogy of the Law on the Prohibition of custody of Muslims over pagan with the prohibition of the care of Muslims over pagan.  The opinion of Imām al-Ghazālī seen from the context of contemporary in Indonesia seems difficult to implement. This is indicated by the absence of strong regulation on the terms of Muslims as a caregiver. Act No. 1 the year 1974 on marriage or the compilation of Islamic law does not contain Muslim requirements for caregivers.


Keywords


Status Muslim, Syarat Ḥaḍānah.

Full Text:

PDF

References


A. Hamid Sarong, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia, (Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2010.

Abd al-Karīm al-Rāfī’ī, al-‘Azīz Syarḥ al-Wajīz, Juz 10, Bairut: Dar al-Kutb al-Ilmiyyah, 1997.

Abd al-Wahhāb al-Khallāf, ‘Ilm Uṣūl al-Fiqh, Bairut: Dār Ibn Ḥazm, 2001.

Abdul Rahman Ghazali, Fiqh Munakahat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Abdurraḥmān al-Jazīrī, al-Fiqh ‘alā al-Mażāhib al-Arba’ah, Terj: Faisal Saleh, Jilid 5, Cet. 2, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2017.

Abī Bakr Aḥmad bin ‘Alī al-Rāzī al-Jaṣṣāṣ, Aḥkām al-Qur’ān, Taḥqīq: Muḥammad Ṣādiq Qamḥāwī, Juz’ 2, Bairut: Dār Aḥyā’ al-Turāṡ al-Islāmī, 1992.

Abī Bakr al-Qurṭubī, al-Jāmi’ li Aḥkām al-Qur’ān, Juz’ 19, Bairut: Mu’assasah al-Risālah, 2006.

Abī Bakr Jabīr al-Jazā’irī, Minhāj al-Muslim, Terj: Syaiful, dkk, Surakarta: Ziyad Book, 2018.

Abī Dāwud Sulaimān bin al-Asy’aṡ al-Sajastānī, Sunan Abī Dāwud, (Riyadh: Bait al-Afkār al-Dauliyyah Linnasyr, 1420.

Abī Isḥāq al-Syāṭibī, al-Muwāfaqāt fī Uṣūl al-Syarī’ah, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2004.

Abī Isḥāq al-Syīrāzī, al-Muhażżab fī Fiqh al-Imām al-Syāfi’ī, Taḥqīq: Muḥammad al-Zuḥailī, Damaskus: Dār al-Qalam, 1996.

Abī Ja’far Muḥammad bin Jarīr al-Ṭabarī, Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl Ayy al-Qur’ān, Juz’ 5, Jizah: Dār Hajar, 2001.

Abu Ahmad Najih, Fikih Mazhab Syafi’i, Cet. 2, Jakarta: Marja, 2018.

Abū Ḥāmid al-Ghazālī, al-Mustaṣfā min ‘Ilm al-Uṣūl, Juz’ 2, Mesir: Sidra, t. tp.

______, al-Wajīz fī Fiqh Mażhab al-Imām al-Syāfi’ī, Bairut: Dar al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2004.

______, al-Wasīṭ fī al-Mażhab, Juz’ 6, Kairo: Dar al-Salam, 1997.

______, Asrār al-Ḥajj, Terj: Mujiburrahman, Jakarta: Turos, 2017.

______, Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn, Bairut: Dār Ibn Ḥazm, 2005.

______, Syifā’ al-Ghalīl fī Bayān al-Syabah wa al-Mukhīl wa Masālik al-Ta’līl, Baghdad: Iḥyā’ al-Turāṡ al-Islāmī, 1971.

Achmad W. Munawwir dan Muhammad Fairuz, Kamus al-Munawwir: Kamus Indonesia Arab, Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.

Ahmad Rafiq, Hukum Islam di Indonesia, Cet. 6, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Ahmad Zaini, “Pemikiran Tasawuf Imām al-Ghazālī”. Jurnal: “Esoterik Jurnal Akhlak dan Tasawuf”, Volume 2, Nomor 1, 2016.

Al Yasa’ Abubakar, Metode Istislahiah: Pemanfatann Ilmu Pengetahuan dalam Ushul Fiqh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Amir Syarifuddin, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia: Antara Fiqh Munakahat dan Undang-Undang Perkawinan, Edisi Pertama, Cet. 5, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.

Amiur Nuruddin dan Azhari Akmal Taringan, Hukum Perdata Islam di Indonesia: Studi Kritis Perkembangan Hukum Islam dari Fikih, UU No. 1/1974 Sampai KHI, Cet. 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Aṭiyyah bin Aṭiyyah al-Ajhūrī, Irsyād al-Raḥmān li Asbāb al-Nuzūl, Jilid 2, Bairut: Dār Ibn Ḥazm, 2009.

Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian Hukum, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Fajria Ningsih, Pro Kontra Gugur Tidaknya Hak Asuh Anak karena Pernikahan Ibu: Analisis Pemikiran Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam Kitab Zādul Ma’ād. “Skripsi”. Syari’ah dan Hukum, Hukum Keluarga, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, tahun 2017.

Ḥabīb al-Khaujah, Muḥammad Ṭāhir Ibn ‘Āsyūr wa Kitābuh Maqāṣiq al-Syarī’ah al-Islāmiyyah, Juz 3, Qatar: Wizārah al-Auqāf, 2004.

Ḥabīb al-Māwardī, al-Iqnā’ fī al-Fiqh al-Syāfi’ī, Iran: Dār Iḥsān, 2000.

______, al-Nukat wa al-‘Uyūn, Juz’ 1, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, t. Tp.

Ḥabīb bin Ṭāhir, al-Fiqh al-Mālikī wa Adillatuh, Juz’ 4, Bairut: Mu’assasah al-Ma’ārif, 2005.

Hans Wehr, A Dictionary of Modern Written Arabic, New York: Spoken Language Services, 1976.

HMA. Tihami dan Sohari Sahrani, Fikih Munakahat: Kajian Fikih Nikah Lengkap, Cet. 4, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Ibn Abd al-Muḥsin, al-Ṣaḥīḥ min Asbāb al-Nuzūl, Bairut: Mu’assasah al-Rayyān, 1999.

Ibn Ḥajar al-‘Asqalānī, Talkhīṣ al-Ḥabīr fī Tarkhrīj Aḥādīṡ al-Rāfi’ī al-Kabīr, Juz’ 4, Bairut: Mu’assasah Qurṭubah, 1995.

Ibn Ḥazm al-Andalusī, al-Muḥallā bi al-Aṡār, Taḥqīq: ‘Abd al-Ghaffār Sulaimān a-Busnadārī, Juz 9, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ulumiyyah, 2003.

______, Marātib al-Ijmā’, Bairut: Dār Ibn Ḥazm, 1998.

Ibn Manẓūr al-Ifrīqī al-Anṣārī, Lisān al-‘Arb, Juz’ 16, Kuwait: Dār al-Nawādir, 2010.

Ibn Mas’ūd al-Kāsānī, Badā’i al-Ṣanā’i fī Tartīb al-Syarā’i, Juz’ 5, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2003.

Ibn Qayyim al-Jauziyah, Zād al-Ma’ād fī Hadī Khair al-‘Ibād, Terj: Masturi Ilham, dkk, Jilid. 6, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2008.

______, ‘Aun al-Ma’būd Syarḥ Sunan Abī Dāwud, Juz’ 6, Madinah: al-Maktabah al-Salafiyyah, 1968.

______, Tuḥfah al-Maudūd fī Aḥkām al-Maulūd, Terj: Mahfud Hidayat, Cet. 2, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2007.

Ibn Qudāmah, al-Hādī, Qatar: Wizārah al-Auqāf, 2007.

______, al-Kāfī, Juz’ 5, Jizah: Hajar, 1997.

______, al-Mughnī al-Syarḥ al-Kabīr, Juz 7, Tp: Dār al-Kutub al-‘Arabī, tt.

Ibn Salāmah Abī al-Naṣr, Asbāb al-Nuzūl, Bairut: ‘Ālam al-Kutb, t. tp.

Ismā’īl bin Umar Ibn Kaṡīr, Ṭabaqāt al-Syāfi’iyyah, Taḥqīq: Abd al-Ḥafīẓ Manṣūr, Juz 2, Libia: Dār al-Mudār al-Islāmī, 2004.

Jalāluddīn al-Suyūṭī, Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl, Terj: Tim Abdul Hayyie, Cet. 10, Jakarta: Gema Insani Press, 2015.

Khaṭīb al-Syarbīnī, Mughnī al-Muḥtāj ilā Ma’rifah Ma’ānī al-Fāż al-Minhāj, Juz 4, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ulumiyyah, 2000.

M. Quraish Shihab, Perempuan: dari Cinta Sampai Seks, dari Nikah Mut’ah sampai Nikah Sunnah, dari Bias Lama Sampai Bias Baru, Cet. 4, Jakarta: Lentera Hati, 2007.

Maḥmūd ‘Alī al-Sarṭāwī, Syarḥ Qānūn al-Aḥwāl al-Syakhṣiyyah, Damaskus: Dār al-Fikr, , 2007.

Maḥmūd bin Maudūd, al-Ikhtiyār li Ta’līl al-Mukhtār, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, t. tp.

Maḥmūd Maṭlūb, al-Wajīz fī Aḥkām al-Usrah al-Islāmiyyah, Mesir: Mu’assasah al-Mukhtār, 2004.

Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Wadzurya, 1989.

Moch. “Yasyakur, Konsep Ilmu Keislaman al-Ghazālī dalam Perkembangan Pendidikan Islam Masa Kini”. Jurnal: “Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam”, Volume 03, Juli 2014.

Muḥaammad al-Zuḥailī, al-Mu’tamad fī al-Fiqh al-Syāfi’ī, Juz’ 4, Damaskus: Dār al-Qalam, 2011.

Muhamad Karman, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hak Asuh Anak dari Istri yang Murtad. “Skripsi”, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Muḥammad ‘Amīm al-Barkatī, al-Ta’rīfāt al-Fiqhiyyah, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2003.

Muḥammad Abū Zahrah, Uṣūl al-Fiqh, Bairut: Dār al-Fikr al-‘Arabī, 1958.

Muḥammad al-Zamzamī al-Kattānī al-Ḥusainī, Mu’jam Fiqh Ibn Ḥazm Ẓāhirī, Bairut: Dar al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2009.

Muhammad Amin Suma, Hukum Keluarga Islam di Dunia Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Muhammad Nafi, Pendidik dalam Konsepsi Imām al-Ghazālī, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Muṣṭafā Dib al-Bughā, al-Tażīb fī Adillah Matn al-Ghāyah wa al-Taqrīb, Terj: Toto Edidarmo, Cet. 2, Jakarta: Mizan Publika, 2017.

Nāṣir bin ‘Abdullāh bin Abd al-‘Azīz, al-Qawā’id al-Fiqhiyyah ‘inda al-Imām Ibn Ḥazm min Khilāl Kitābih al-Muḥallā, Mekkah: Ummul Qura, tt.

Ṣāliḥ al-‘Uṡaimīn, Syarḥ Kitāb al-Siyāsah al-Syar’iyyah li Syaikh al-Islām Ibn Tamiyyah, Bairut: Dār Ibn Ḥazm, 2004.

Satria Effendi M. Zein, Problematika Hukum Keluarga Islam Kontemporer, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004.

Sayyid Sābiq, Fiqh al-Sunnah, Terj: Asep Sobari, Jilid 2, Jakarta: Al-I’tishom, 2013.

Syarīf al-Jurjānī, Mu’jam al-Ta’rīfāt, Mesir: Dār al-Faḍīlah, 1413.

Syihābuddīn al-Ramlī, Nihāyah al-Muḥtāj ilā Syarḥ al-Minhāj, Juz’ 7, Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2003.

Tājuddīn Abī Naṣr Alī bin Abd al-Kāfī al-Subkī, Ṭabaqāt al-Syāfi’iyyah al-Kubrā, Taḥqīq: Abd al-Fattāḥ dan Maḥmūd Muḥammad, Juz 6, Mesir: Dār Aḥyā’ al-Kutb al-‘Arabiyyah, 1964.

Tim Pustaka Phoenix, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Phoenix, 2012.

Tim Redaksi, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008.

Urfah al-Dasūqī, Ḥāsyiyyah al-Dusūqī ‘alā Syarḥ al-Kabīr, Juz’ 2, Tp: Dār Iḥyā’ al-Kutb al-‘Arabiyyah, t. tp.

Wahbah al-Zuḥailī, al-Fiqh al-Islāmī wa Adillatuh, Terj: Abdul Hayyie al-Kattani, dkk, Jilid 9, Jakarta: Gema Insani, 2013.

______, al-Fiqh al-Syāfi’ī al-Muyassar, Terj: Muhammad Afifi dan Abdul Hafiz, Jilid 3, Cet. 3, Jakarta: Almahira, 2017.

Wizārah al-Auqāf, Mawsū’ah al-Fiqhiyyah, Juz’ 17, Kuwait: Wizārah al-Auqāf, 1995.

Yūsuf al-Juwainī, Nihāyah al-Maṭlab wa Dirāyah al-Mażhab, Juz’ 15, Jeddah: Dār al-Minhāj, 2007.

Yūsuf al-Qaraḍāwī, Hadī al-Islām Fatāwī Mu’āṣirah, Terj: Abdul Hayyie al-Kattani, dkk, Jilid 3, Cet. 2, Jakarta: Gema Insani Press, 2006.

Zainal Abidin, Hadhanah Oleh Ibu yang Non-Muslim: Analisis Putusan Nomor: 154/Pdt.G/2011/PA.Plk. “Skripsi”, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jms.v20i2.6513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Syari'ah



Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial has been indexed by:

 

All papers published in Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial are licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.