PERANAN QORI DAN QORIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SENI BACA AL QURAN MASYARAKAT DI ACEH

Zul Fahmi Fahmi

Abstract


ABSTRACT

Qari or qariah in Indonesia are usually given to people who have won the Musabaqah Tilawatil Quran at a certain level. Especially in Aceh, many reciters and qariahs have opened institutions for fostering the art of reading the Qur'an for the community. Generally, the participants in the development of the art of reading the Qur'an are children and adolescents. Reading the Qur'an with art or rhythm is one way to attract people's interest in learning. The beautiful voice of a Qari will be able to make listeners entertained and complacent in reading the Qur'an. So it is fitting for a Qari to have an important role in increasing people's interest in learning in the art of reading the Qur'an. This study uses a qualitative method, because in answering the formulation of the problem, this study seeks to understand and interpret the meaning of an event of human behavior interaction in certain situations. The purpose of this study was to find and describe the methods used by qori and qoriah in increasing interest in learning the art of reading the Qur'an and knowing the supporting and inhibiting factors faced by qori and qoriah in increasing interest in learning the art of reading the Qur'an. The results of this study show Learning the art of reading the Qur'an in Aceh Besar is experiencing rapid development today and also that qari-qariah have a very important role and influence in increasing interest in learning the art of reading the Qur'an in society. Another role that is no less important than a qari or qariah is the ability to choose a good learning method. Good learning of the art of reading the Qur'an is the ability of the qari and qariah as evidenced by their achievements and the experience of the qari and qariah in educating as evidenced by the selection of good learning methods. This will make the role of the reciter and qariah important in increasing interest in learning the art of reading the Qur'an in society.

KEYWORDS: Qari and Qariah, Interest in Learning, Art of 

 

ABSTRAK

Qari atau qariah di Indonesia biasa diberikan kepada orang-orang yang telah mendapatkan juara pada Musabaqah Tilawatil Quran dalam level tertentu. Khususnya di Aceh, banyak qari dan qariah yang telah membuka lembaga pembinaan seni baca Al Qur’an untuk masyakat. Umumnya yang menjadi peserta dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an  adalah anak-anak dan remaja. Membaca Al-Qur’an  dengan seni atau irama merupakan salah satu cara untuk menarik minat belajar masyarakat. Suara indah seorang Qari akan mampu membuat pendengar terhibur dan terlena dalam bacan Al-Qur’an. Maka sudah sepatutnya seorang Qari mempunyai peranan penting dalam peningkatan minat belajar masyarakat dalam seni baca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena dalam menjawab rumusan masalah, penelitian ini berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertetu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan metode yang digunakan qori dan qoriah dalam meningkatkan minat belajar seni baca al quran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi qori dan qoriah dalam meningkatkan minat belajar seni baca Al Qur’an.Hasil dari penelitian ini menujukkan pembelajaran seni Baca Al-Qur’an  di Aceh Besar mengalami perkembangan yang pesat dewasa ini dan juga bahwa qari-qariah sangat berperan dan berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar seni baca Al-Qur’an  dalam masyarakat. Peran lain yang tidak kalah penting dari seorang qari atau qariah adalah kemampuan memilih metode pembelajaran yang baik. Pembelajaran seni baca Al-Qur’an  yang baik adalah kemampuan qari dan qariah yang dibuktikan dengan prestasinya serta pengalaman qari dan qariah dalam mendidik yang dibuktikan dengan pemilihan metode pembelajaran yang baik. Hal inilah yang akan menjadikan pentingnya peranan qari dan qariah dalam peningkatan minat belajar seni baca Al-Qur’an  dalam masyarakat.

 

 

KATA KUNCI: Qari dan Qariah, Minat Belajar, Seni Baca Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Mustaqim, Metode Penelitian Al-Qur’ān dan Tafsir, Idea press, Yogyakarta, 2015.

Nur Kholis Setiawan, Al-Qur’ān Kitab Sastra Terbesar, elSAQ Press, Yogyakarta, 2005.

Imas Lu’ul Jannah, Kaligrafi Syaifulli, Resepsi Estetis Terhadap Al-Qur’ān Pada Lukisan Kaligrafi Syaiful Adnan, Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Hadist Riwayat Ahmad : 18994, Nasai 1024

Bashori Alwi, dkk, Bunga Rampai Mutiara Al-Qur’ān Pembinaan Qari Qariah dan Hafizh Hafizhah, Pimpinan Pusat Jm`iyyatul Qurra’ Wal Huffazh (JQH), Jakarta Selatan, 2006.

Eva F Amrullah, Transendensi Al-Qur’an dan Musik: Lokalitas Seni Baca Al-Qur’ān di Indonesia dalam Jurnal Studia Al-Qur’ān Vol. I, No.3, 2006.

Abdul Salam Zaeef, ʻAbd al-Salām Z̤aʻīf, Alex Strick van Linschoten, Felix Kuehn My life with the Taliban. Columbia University Press. 2010.

Amrullah, Eva F, 2006, Transendensi Al-Qur’an dan Musik: Lokalitas Seni Baca Al-Qur’ān di Indonesia, Jurnal Studia Al-Qur’ān Vol. I, No.3.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1982.

Husaini Usman, dan Purnomo Setiady Akbar, Metode Penelitian Sosial, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2008.

Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, Teras, Yogyakarta, 2011.

Sahiron Syamsuddin (Ed), Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis, Teras Yogyakarta, 2007.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2012.

Marzuki, Metodologi Riset, Hamidia Offset, Yogyakarta, 2013.

Mujab, Saiful, Ilmu Nagham Kaidah Seni Baca Al-Qur’an, STAIN Kudus, Kudus, 2011.

Salim, Muhsin, Ilmu Nagham Al-Qur’ān, PT. Kebayoran Widya Ripta, Jakarta, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i4.11222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zul Fahmi Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License