Implikasi Metode Wahdah terhadap Kekuatan Hafalan Al-Qur’an Santri Dayah Modern Darul Ulum

Rosmiarni Rosmiarni, Safrina Ariani, Sri Mawaddah Mawaddah, Realita Nurdin

Abstract


Penerapan metode wahdah pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan hafalan Al-Qur’an yang baik dan kuat, metode wahdah sendiri merupakan metode menghafal cepat dan praktis. Metode wahdah ini diterapkan sejak lama di Dayah Modern Darul Ulum, seiring dengan dibuatnya program ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di dayah tersebut. Peneliti melakukan penelitian di Dayah Modern Darul Ulum dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode wahdah ini di Dayah Modern Darul Ulum, apakah penerapan metode wahdah efektif terhadap kekuatan hafalan santri tahfidz Dayah Modern Darul Ulum, dan faktor apa yang menjadi hambatan dalam penerapan metode wahdah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan tes hafalan, kemudian data tersebut dianalisis melalui analisis deskptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: langkah-langkah penerapan metode wahdah di Dayah Darul Ulum Banda Aceh sebagai berikut: (a) santri membaca ayat yang akan dihafal 5 sampai 10 kali atau lebih, untuk membentuk pola bayangan; (b) setelah benar-benarhafal, barulah dilanjutkan pada ayat berikutnya; (c) setelah sampai pada ayat yang ditargetkan, maka hafalan diulang dari ayat pertama sampai pada ayatterakhir, dilakukan 10 kali atau sampai benar-benar hafal; (d) langkah selanjutnya, menyetorkan hafalan kepada ustaz atau ustazah. Penerapan metode wahdah sangat bergantung dengan waktu. Maka dari itu semakinbanyak waktu yang disediakan maka semakin efektif penerapan metode wahdah dan semakin kuat pula hafalan santri. Adapun hambatan-hambatan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu: 1) kurangnya waktu untuk menghafal; 2) motivasi yang didapatkan sangat minim; 3) konsentrasi; 4)serta lemahnya ingatan saat menghafal.


Keywords


metode wahdah, kekuatan hafalan Al-Qur’an, Dayah Modern Daul Ulum

References


Baduwailan, Ahmad Bin Salim. 2014. Cara Mudah & Cepat Hafal Al-Qur’an. Solo: Kiswah

Hardi Rianda. 2021. Skripsi Kontribusi Motode Wahdah Terhadap Kualitas Hafalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah TanjungBerulak.

Khairunnisak. 2018. SkripsiPenerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kompetensi Tahfidz Al-Qur’an Di MUQ Pagar Air Aceh Besar

Khalid, Abu. 2016. Kamus Arab Al-Huda. Surabaya: Fajar Mulya

Khaliq, Abdurrahman Abdu. 1991. Bagaimana Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Majid, Abdul. 2014. Stategi Pembelajaran. Bandung: PT. Emaja Rosakarya

Mubarokah, Syahratul. 2019, “Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan”, Jurnal Penelitian Tarbawi, Vol. 4 No. 1, h. 15, https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/161

Sakirah. 2019. Skripsi Pengaruh Metode Talqin Terhadap Kualitas Tahfidz Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan

Sri Wahyuni Mahmud, 2021, Jurnal Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok PesantrenWahdah Islamiyah Gorontalo

Sugiyono. 2016. Metodologi Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: ALVABETA

Utami, Munzir. 2012. Pengantar Studi Al-Qur’an: Teori dan Pendekatan. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta

Wabsate Resmi KBBI Onlline, “Metoda”, diakses 20 Mei 2022 https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Metode

Website Resmi KBBI Online. “Kekuatan”. diakses 20 Mei 2022. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Kekuatan

Wijayanto, Eko. 2019. Taud Tabungan Akhirat. Ponorogo: Inspirasi Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.17432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosmiarni Rosmiarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.