Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah

hazrullah hazrullah

Abstract


Guru pendidikan agama Islam mempunyai peran penting dalam membangun Pendidikan dan karakter anak bangsa, oleh karenanya guru Pendidikan agama Islam harus melakukan upaya-upaya untuk mendorong dan mengembangkan diri dalam rangka membangun pendidikan. Selanjutnya masyarakat juga ikut mendorong dan berpartisipasi dalam rangka membangun Pendidikan secara bersama-sama. Sebagai guru pendidikan agama Islam, ia harus memiliki etika dan akhlak yang melekat pada dirinya, sifat yang berhubungan dengan kepribadiannya yang menjadi contoh teladan bagi peserta didik,dan memiliki keahlian dalam bidang yang ditekuninya, yang akhirnya akan membentuk karakter guru yang memiliki kematangan dalam kepribadian dan akhlak mulia sekaligus profesional dalam bidang ilmu yang ditekuninya. Oleh karenanya guru yang mengajar dan masuk ke dalam kelas benar-benar guru yang profesional. Kesalahan yang dilakukan oleh orang yang bukan ahli dalam bidang Pendidikan dapat merusak generasi kedepan dan ini akan terus terjadi secara berkesinambungan.


Keywords


Etika, Profesi Guru dan Sekolah

References


Abd Haris, (2007) Pengantar Etika Islam (Sidoarjo : Al Afkar,).

Abdullah Idi, Sosiologi Pendidikan; Individu, masyarakat, dan Pendidikan )

Daud Ali, (2002). Muhammad, Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Pengelolaan Tugas Pokok dan Kode Etik Pengawas Sekolah Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pengawas Sekolah dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah (Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)

H.A.R. Tilaar, (2005) Manifesto Pendidikan Nasional, Tinjauan Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural (Jakarta: Kompas,).

https://www.amongguru.com/9-kode-etik-guru-indonesia-terbaru-guru-wajib-tahu/ diakses tanggal 14 Mei 2023 Pukul 17.00 Wib

R.Rizal Isnanto, (2009) Buku Ajar Etika Profesi (Semarang : Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2009).

R.Rizal Isnanto, Buku Ajar Etika Profesi (Semarang : Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2009).

Sanapiah Faisal, Sosiologi Pendidikan, (Surabaya: Usaha nasional, tt)

Siswanto, (2013), Etika Profesi Guru Pendidikan agama Islam, Pena Salsabila.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.17968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 hazrullah hazrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License