KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran kontekstual adalah suatu konsep tentang pembelajaran yang membantu guru-guru untuk menghubungkan isi bahan ajar dengan situasi-situasi dunia nyata serta penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan pekerja serta terlibat aktif dalam kegiatan belajar yang dituntut dalam pelajaran. Pendekatan kontekstual perlu diterapkan mengingat sejauh ini pendidikan masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Dalam hal ini fungsi dan peranan guru masih dominan sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Melalui pendekatan kontekstual ini siswa diharapkan belajar dengan cara mengalami sendiri bukan menghafal. Pendekatan kontekstual menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi artinya proses pengalaman secara langsung, dan tidak mengharapkan agar siswa hanya menerima pelajaran, akan tetapi proses mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. Pendekatan kontekstual juga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan, artinya Pendekatan kontekstual bukan hanya mengharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaimana materi itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
References
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL), 2002.
Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
John Dewey, Democracy and Education, (New York: The Macmillan Company, 1916).
T. Raka Joni, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: P3G, 1980).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2007)
W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Grasindo, 2002)
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.18099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ida mutiawati ida mutiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.