LEARNING THEORIES DAN INDIVIUAL DIFFERENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Juliana Juliana, T Zulfikar Zulfikar, Silahuddin Silahuddin, Muhammad Muhammad

Abstract


Mendidik merupakan rangkaian proses yang memerlukan kemampuan tidak hanya apa yang diajarkan melainkan bagaimana melarangnya. Seorang pendidik perlu membekali diri dengan berbegai teori belajar dan memahami objek yang akan diajarkannya. Dewasa ini banyak pendidik yang kurang memperhatikan konsep ini, jika ada guru yang cerdas dalam memainkan peran dalam kelas hanya sebagai objek tunggal pemberi informasi. Sementara cara mengolah dan menyampaikan informasi sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik masih sangat minim. Penelitian ini merupakan kajian library research dengan menganalisis buku, jurnal dan kajian terkait lainnya. Kajian ini fokus pada teori belajar dan perbedaan individudalam pembelajaran PAI yang merupakan dua unsur penting dalam pelaksanaan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa saya mendapatkan teori dan perbedaan individutidak dapat berdiri secara terpisah namun memiliki sisi yang saling melengkapi satu sama lain. Guru wajib memahami konteks pembelajaran yang akan diajarkan baik pendekatan maupun penguasaan berbagai konteks dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Di sisi lain, seorang pendidik juga wajib memahami perbedaan peserta didik satu sama lainnya, masing-masing anak memiliki kecendrungan dan perbedaan individu yang berbeda ini menjadi tugas seorang pendidik untuk memahaminya. Perbedaan-perbedaan tersebut harus diselesaikan dengan pendekatan individualnya juga, tetapi tetap disadari bahwa pendidikan tidak semata mata bertujuan untuk mengembangkan individu sebagai individu, tetapi juga dalam kaitan dengan pola kehidupan masyarakat yang bervariasi.


Keywords


Learning theories dan Indiviual differences, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References


Reference

A. Mustika Abidin, Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak), Jurnal An Nisa’, Vol. 15, No. 1, 2022.

Albert Bandura, “Influence of Models’ Reinforcement Contingencies on the Acquisition of Imitative Responses,” Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 1, No. 6. 1965.

Amilia Afnani dan Achmad Baihaqi, The individual differentiation and Implications In Islamic Education Models, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 15, No. 1, 2020.

Budi Agus Sumantri dan Nurul Ahmad, Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, 2019.

Cyintia Riswanti, Dkk., Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan, Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 2, No 1. 2020.

Dalila Turhusna & Saomi Solatun, Perbedaan Individu Dalam Proses Pembelajaran, As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1. 2020.

Endang Komara, Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung: PT Refrika Aditama, 2014.

Erna Nur Utami, Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal MUDARRISUNA, Vol. 10 No. 4, 2020.

Feida Noorlaila Isti’adah, Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan, Jawa Barat: Edu Publisher. 2020.

Gusnarib Wahab dan Rosnawat, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. 2021.

Hardiman Zega, Konsep Dan Teori Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan, Jurnal An-Nahdhah, Vol. 1, No. 2, 2019.

Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Barri (Penjelasan kitab Shahih Al-Bukhari) Terjemahan. Amiruddin, Jilid XXIII, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

M. Suswandari, M, Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1, 2021.

Maria Magdalena Zagoto, Dkk., Perbedaan Individu Dari Daya Belajarnya Serta Implikasinya dalam Pembelajaran, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 2, No. 2. 2019.

Mohammad Muchlis Solichin, Pendekatan Humanisme Dalam Pembelajaran (Model Penerapannya Di Pondok Pesantren Al Amin Prenduan Sumenep), Malang: Literasi Nusantara. 2019.

Muazzaroh, Reaktualisasi Pendidikan Behavioristik, Jurnal Kependidikan Dan Pranata Islam, Vol. 9, No. 2, 2011.

Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani, Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Qurrotul Ainiyah, Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga, Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Hukum, Vol. 2, No. 1. 2017.

Redo Aprizal, Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2, No 6, 2022.

Rifqiyyatush Sholihah Al-Mahiroh, Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalamPembelajaranPendidikan Agama Islam, Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 12 No. 2, 2020.

Saefiana, Dkk., Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 03, No. 1, 2022.

Siti Hartinah, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Refika Aditama. 2008.

Ulfah, Dkk., Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 2022.

Umar Bin Abd. Aziz, Dkk., Perbedaan Individu Dan Gaya Belajar Peserta Didik, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry. 2018.

Zuhairini, Dkk., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.18216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License