INOVASI PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENGHASILKAN OUTPUT YANG BERKUALITAS

Anida Anida, muhammad Ar Waled, Muhammad Ramadhan Ramadhan, Yunita Asman

Abstract


Pendidikan sayogyanya merupakan sebuah proses yang menghendaki perbaikan positif dan berbagai sisi. Pelaksanaan pendidikan yang baik akan menghasilkan nilai yang baik pula, tidak terkecuali pendidikan agama Islam. Dewasa ini pelaksanaan pendidikan Islam secara khusus cenderung berjalan monoton dan kurang inovatif dalam penyajiannya. Penelitian ini mengkaji penerapan model direct instruction dalam pembelajaran Aqidah akhlak untuk menghasilkan output yang berkualitas pada siswa di MTsN Darul Ulum Banda Aceh. Hasilnya menunjukkan bahwa guru Aqidah akhlak melaksanakan proses belajar dengan cara menggunakan model direct instruction. Model ini sangat cocok dilakukan pada mata pelajaran Aqidah akhlak dimana hampir semua materinya memerlukan demonstrasi, salah satunya terkait dengan perilaku. Selain memudahkan siswa dalam memahaminya juga memberikan dampak baik terhadap perkembangan perilaku siswa sebagaimana dipraktekkan guru dan siswa secara langsung bersama-sama. Prosesnya berjalan seimbang antara teori dan praktik yang dilakukan guna mencapai perubahan perilaku siswa. Pembelajaran direct instruction memberikan dampak baik terhadap perkembangan perilaku siswa di sekolah tersebut.


Keywords


Inovasi Pembelajaran, Aqidah akhlak, Output yang berkualitas

References


A. Mustafa Dan Abdullah Aly. (1998). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Abdul Majid, (2017). Strategi Pembelajaran, Edisi Revisi, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdurrahmat Fathoni, (2006). Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Pihar. (2022). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0, Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1 (1).

Ahmad Saiful Bahrurruzi, Dkk., (2022). Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, 2, (1).

Anang Fahrur Rozi. (2022). Urgensi Pendidikan Islam Non-Dikotomi Di Era Society 5.0, KUTTAB: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6, (1).

Dinda Dahlia Makasihu, Dkk., (2021). Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam, Jurnal al-Bahtsu, 6 (1).

Hendriyanto, “Tantangan dan Terobosan Pendidikan di Era Digitalisasi,” Lihat: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/public/artikel/detail/tantangan-dan-terobosan-pendidikan-di-era-digitalisasi. Diakses Pada 15 November 2022.

Ikbar Zakariya, Dkk., (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Islam Sabilurrosyad Gasek, VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (3).

Kemdikbudristek, Daftar Tanya Jawab Kebijakan Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021, Lihat: https://www.kemdikbud.go.id/main/tanyajawab/kebijakan-zonasi-tahun-ajaran-20202021.

Kusnandi. (2017). Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different”, Jurnal Wahana Pendidikan, 4 (1).

Lexy J. Moleong, (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke XXXIZ, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Luluk Ifadah. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Al Ghazali, 2 (2).

M. Nur Mustafa. (2018). Strategi Inovatif: Gaya Guru Sukses Dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Muhammad Kristiawan, Dkk., (2018). Inovasi Pendidikan, Ponorogo: Wade Print.

Nur Kholifah et al., (2011). Inovasi Pendidikan, Yayasan Kita Menulis, 2021.

Oki Suhartono. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal ArRosikhun, 1 (1).

Pristian Hadi Putra, (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0, Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 19, No. (2).

Sa‘ud, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Syamsul Bahri and Novira Arafah. (2021)Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal, Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1 (1).

Syamsul Bahri. (2022). Konsep Pembelajaran Pai Di Era Society 5.0, Edupedia, 6 (2).

Wijaya, Dkk., (1998). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya, (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Edisi Revisi, Jakarta: Kencana.

Zaki Mubarak. (2018). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Problematika Pendidikan Tinggi, Yogyakarta: Ganding Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i2.19138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License