PENDISIPLINAN: SUATU PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI DALAM PERSEPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Rinda Puspitasari

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan merupakan landasan yang sangat penting bagi anak sebagai bekal di masa yang akan datang. Dalam perkembangan pendidikan anak perhatian dari orang tua sangat dibutuhkan. Akan tetapi masih banyak para orang tua yang belum menyadari dan mengabaikan akan pentingnya perhatian yang mereka berikan terhadap anak-anak. Satu hal yang terabaikan oleh mereka adalah kurang adanya penanaman karakter pendisiplinan anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah disiplin merupakan suatu sikap moral yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral. Hakikat tujuan pendidikan Islam ialah untuk membentuk kepribadian seseorang yang menjadi insan kamil dengan pola taqwa. Penanaman pendidikan nilai ajaran Islam dapat dilaksanakan melalui berbagai metode maupun media pembelajaran yang efektif. Nilai pendidikan yang ditanamkan oleh Rasulullah Saw., merupakan nilai pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang menghubungkan antara moral dengan dimensi sosial pada kehidupan peserta didik sebagai proses terbentuknya generasi muda yang berkualitas.


Keywords


Pendisiplinan, Pendidikan Nilai

References


DAFTAR PUSTAKA

Abduh, Mohammad. 2020. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Sorowako Lawewu Di Sorowako Kabupaten Luwu Timur.” http://repository.iainpalopo.ac.id. diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ernawati, Ika. 2016. “Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015.” G-Couns Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol.1 No.1. https://journal.upy.ac.id. diakses pada tanggal 05 Mei 2023.

Evanirosa. 2022. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: Media Sains Indonesia.

Hairuddin. 2013. “Pendidikan Karakter Berbasis Sunah Nabi.” Jurnal Al-Ulum Vol.13 No1. diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

Ilham, Dodi. 2019. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol.8 No.1. https://jurnaldidaktika.org. diakses pada tanggal 07 Mei 2023.

Imam Musbikin. 2021. Pendidikan Karekter Disiplin. Edited by Rizal. Jakarta. Nusa Media.

Imelda Frimayanti, Ade. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Vol.8 No11. diakses pada tanggal 26 April 2023.

Jauhary, Hadziq. 2019. Hidup Sukses Dengan Disiplin. Semarang: Mutia Aksara.

Kadarusman, Kairunnas Jamal. 2014. “Terminologi Pemimpin Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Makna Ulil Amri Dalam Kajian Tafsir Tematik)".” An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam Vol 39 No1. https://ejournal.uin-suska.ac.id. diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, M. Syukri Azwar. 2017. “Peranan Pendidikan Islam Dalam Membangun Dan Mengembangkan Kearifan Sosial.” Sabilarrasyad Vol.2 No.1. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id. diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

M. Quraish Shihab. 2006. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Cetakan VII. Jakarta: Lentera Hati.

Rahmawati, Ajeng. 2021. “Tesis: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Pribadi Muslim Tangguh Pada Peserta Didik: Studi Kasus Di MA Persis 31 Banjaran.” Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id. diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

Stefan Titscher, et al. 2009. Metode Analisis Teks & Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i2.19372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rinda Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License