Peran Pola Asuh Orangtua Yang Transformatif Dalam Pemberdayaan Pembinaan Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Aqidah Islam Bagi Anak

miskahuddin bin yahya lizam

Abstract


Transformasi Pemberdayaan pembinaan dan pendidikan Akhlak Karimah berdasarkan konsep Aqidah Islam kepada anak yang mengacu kepada jalan tauhid merupakan salah satu kekuatan untuk menggerakkan prilaku dan kepribadian anak menjadi baik dan bermutu tinggi. Anak akan mengalami kemajuan dalam bersikap maupun berprilaku baik sesuai keinginan dan kehendak agamanya yang dibimbing oleh ajaran aqidah tauhid berdasarkan petunjuk al-Qur'an dan al-Hadits. Peran aktif pola asuh orangtua yang transformatif membina dan memberikan pendidikan akhlak yang baik lagi benar menurut aqidah Islam tentu salah satu jalan menuju keharmonisan agar dapat mempersiapkan dan membahagiakan masa depan anaknya dalam menghadapi berbagai tantangan global dan perubahan-perubahan dalam hidupnya. Semua orangtua akan senang dan bahagia ketika mendapati anak-anaknya sebagai generasi yang tangguh sehat lahir dan bathin, shalih dan taat menjalankan semua ajaran agamanya dengan baik dan benar sesuai cita-cita dan kehendak agama itu sendiri supaya menjadi insan pengabdi yang mampu memperhambakan dirinya dengan penuh ketaatan dan ketaqwaan kepada Tuhannya. Jika anak-anaknya tumbuh dan berkembang sebagai generasi sehat lahir bathinnya daripada hasil pembinaan dan pendidikan akhlak karimah oleh orangtuanya, tentu hidup dalam berbagai lingkungan akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian yang jauh daripada kemerosotan akhlak. Oleh karena itu peran positif dari kemampuan pola asuh orangtua yang transformatif dengan memberikan bimbingan dan pendidikan yang sehat, stabil dan bermutu kepada anaknya guna membangun akhlak karimah bermuatan aqidah Islam dianggap lebih utama dan berhasil meraih kebaikan anak sebagai generasi yang berakhlak karimah.


Keywords


Peran Pola Asuh Orangtua, Transformatif, Pemberdayaan, Pembinaan, Pendidikan Akhlak Karimah Anak, Berbasis Aqidah Islam

Full Text:

PDF

References


A. Rahman Ritonga, Akhlak Merakit Hubungan dengan Sesama Manusia, (2005), Amalia, Surabaya.

Abdullah Nashih Ulwan. 1992. Mengembangkan Kepribadian Anak, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Abu Zakki Akhmad. Kiat Membina Anak Shaleh, (1994), Rica Grafika, Jakarta.

Ahmad Muhammad Al-Hufiy, Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW, (2000), CV. Pustaka Setia, Bandung.

Ahmad Tafsir. Pendidikan Agama dalam Keluarga. (1996), PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Amru Khalid. 2005. Menjadi Mukmin yang Beraklak. Qisthi Press, Jakarta.

H.C. Witherington, dkk. Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar, (1986), Jemmars: Bandung.

Husainy Isma’il, Pengakuan Iman Islami (Suatu Uraian Permulaan Rukun Iman), (1993), Syiah Kuala University Press, Banda Aceh.

Hussein Bahreisy, Ajaran-ajaran Akhlak Imam Ghazali, (1981), Al-Ikhlas, Surabaya.

Miskahuddin, Hubungan Gaya Pengasuhan Orangtua dengan Eksplorasi dan Komitmen dalam Pembentukan Identitas Ranah Agama pada Remaja Akhir Etnik Aceh, (2014), Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Sekretariat Menteri Muda Urusan Pemuda, Pola Dasar Pembinaan dan pengembangan Generasi Muda, (1978), Jakarta.

Sumadi Surya Brata, Psikologi Pendidikan, (1995), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Syafaat, Islam Agamaku, (1974), Widjaya, Jakarta.

Zakiah Daradjat, dkk., Dasar-Dasar Agama Islam Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, (1984), Bulan Bintang, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.19619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 miskahuddin bin yahya lizam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License