KOMPETENSI SOSIAL GURU AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0 DAN IMPLEMENTASINYA

Yunita Asman Nita, Muhammad Muhammad, Anida Anida, Ahmed Alkhalidi

Abstract


Era society 5.0 saat ini menitikberatkan segala lini kehidupan masyarakat tidak terlepas dari teknologi. Kondisi ini mempersempit ruang terciptanya nilai positif dari interaksi sosial. Akibatnya, terjadi berbagai macam perilaku buruk secara virtual dan menjadi tontonan meskipun bertentangan dengan norma kehidupan sosial. Kajian ini merupakan library risearch (kajian kepustakaan), penulis mengkaji buku, artikel ilmiah, dan penelitian terkait lainnya untuk menemukan pendekatan, peran dan impelementasi terkait kompetensi sosial guru agama Islam.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi sosial guru agama menciptakan hubungan baik antara guru dengan guru, peserta didik, wali murid dan masyarakat pada umumnya. Kompetensi sosial sangat menekankan pada kemampuan komunikasi seorang guru agama dengan koleganya. Guru memiliki peran strategis dalam memainkan perannya di sekolah maupun luar sekolah bidang sosial, karena guru adalah tauladan bagi peserta didik maupun masyarakat. Untuk itu, sikap inklusif, objektif, komunikasi yang efektif, rasa empatik, santun dan aktif dalam berbagai kesempatan yang diselenggarakan sekolah maupun masyarakat merupakan suatu keharuan dan menjadi bagian dari kompetensi sosial yang perlu dipahami dan direalisasikan oleh seorang guru. Realisasi sikap tersebut menghasilkan nilai sosial positif pada anak di era society 5.0 seperti; rasa empati, partisipasi, dermawan, komunikatif, negeosiasi dan terampil dalam penyelesaian masalah. Nilai ini sangat berguna mengingat kehidupan peserta didik era ini berada dalam lingkaran teknologi dan hampir tidak beriteraksi sosial antar sesama secara langsung sehingga kepekaan terhadap nilai interaksi sosial menjadi hilang dan memperngaruhi perlikau sosial peserta didik di masa mendatang.


Keywords


Kompetensi sosial, Guru Agama Islam, Era society 5.0.

References


Abbasy, M.B. & Quesada, E.V. 2017. Predictable Influence of IoT (Internet of Things) in Higher Education. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 7, No. 12.

Didi dan Deni. 2012. Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasan Saragih. 2008. Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar, Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol. 5 No. 1.

M. Suswandari, M. 2021. Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1.

Maria Rahayu Anwar, Dkk,. 2022. Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Lonto Leok: Vol. 4, No. 1.

Masnur Alam. 2018. Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci, Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 18, No. 01.

Masnur Muslich. 2015. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrul, Dkk. 2022. Kompetensi Guru Di Era Society 5.0, Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, Vol. 1.

Prita Indriawati. 2022. Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 2, No. 3.

Siti Maryam dan Moh. Masnun. 2020. Implementasi Penilaian Kompetensi Sosial Guru Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kota Cirebon, Indonesian Journal Of Elementary Education, Vol. 2, No. 1.

Siti Maryam dan Moh. Masnun. 2020. Implementasi Penilaian Kompetensi Sosial Guru Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kota Cirebon. Indonesian Journal Of Elementary Education, Vol.2 No. 1.

Udin Syaifudin. 2004. Pengembangan Profesi Guru, Alfabeta, Bandung.

Ulfah, Dkk. 2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1.

Vita Julita dan Fabrina Dafit. 2021. Analisis kompetensi sosial guru kelas Vb SDN 001 Pasar Lubuk Jambi Kab. Kuantan Singingi, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol, 4. No. 2.

Wina Sanjaya. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Edisi Revisi, Kencana, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.19667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yunita Asman Nita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License