PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI SANKSI EDUKATIF DI MTsS MADRASAH ISLAM NURUL AZIZI KABUPATEN ASAHAN, SUMATERA UTARA
Abstract
ABSTRAK
Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Sama halnya ketika siswa berada di madrasah, akhlak menjadi perhatian serius dari keberhasilan orang tua dan guru dalam mendidik anak/siswanya. Berbagai upaya sudah dilakukan guna membentuk akhlak siswa, akan tetapi masih ada sebagian siswa di MTsS MINA Asahan yang memiliki akhlak kurang baik atau melanggar peraturan sekolah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, Apa saja bentuk sanksi edukatif yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa di MTsS MINA Kabupaten Asahan? Bagaimana hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak siswa yang melanggar aturan di MTsS MINA Kabupaten Asahan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada 4 bentuk sanksi edukatif di MTsS MINA Asahan, yaitu 1). Membuat surat perjanjian, 2). Menghafal surah yang ada di juz ‘Amma, 3). Membaca istighfar 100 X, 4). Guru memberikan nasihat. Hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak sangat berdampak positif, bahkan dampaknya mencakup tiga hal, yaitu perubahan afektif, perubahan kognitif, perubahan psikomotorik. Sanksi edukatif ini dinilai sangat membantu dalam pembentukan akhlak dan memiliki dampak lebih luas. Walaupun setiap sanksi yang di implementasikan itu ada kelebihan dan kekurangannya.
Kata Kunci: Pembentukan Akhlak, Sanksi Edukatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dkk. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta https://scholar.google.co.id/scholar?q=Abu+Ahmadi,+dkk.,+Ilmu+Pendidikan,+(Jakarta:+PT.+Rineka+Cipta,+2015&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart
Nata, Abuddin. (2012) Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada https://repository.uin-suska.ac.id/26100/1/Buku%20Metodologi%20Studi%20Islam.pdf
Hadhiri, Choiruddin. (2015). Akhlak dan Adab Islami. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43211/1/KHULAIMAH%20MUSYFIQAH-FUF.Pdf
Zaidan, Abdul Karim. (1988). Ushul ad-Da’wah, Terjemahan (Beirut: Muassasah ar-Risalah. https%3A%2F%2Fjurnalstidnatsir.ac.id%2Findex.php%2Fdakwah%2Farticle%2Fdownload%2F138%2F255%2F665&usg=AOvVaw3kgUiOODeoQP--SpPVxzq1
Abu Ath-Thayyib Muhammad, Syamsul Haq Al-‘Azhim Abadi. (2010) Ainul Ma’bud Syarah Sunan Daud. Jakarta: PUSTAKA AZZAM
Purwanto, Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=811&keywords
Sidiq, Umar dan Moh. Miftahul Choiri. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i1.20123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M. Yusuf Pangaribuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.