PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MELALUI ANIMASI DENGAN APLIKASI KINEMASTER BERBASIS ANDROID

muhammad mabrur

Abstract


ABSTRACT

Technology can be utilized in the learning process both in developing learning tools and learning media. Based on this, the author formulates the problem, "How is the development, feasibility and student response to animated media on Fiqh learning material Thaharah with the Android-based Kinemaster application?" This study aims to develop animated media on Fiqh learning material Thaharah with Android-based Kinemaster application, feasibility and usefulness of learning media in the learning process. This study uses the Research and Development (R&D) method with the development procedure used in this study refers to the ADDIE development model developed by Dick and Carry (1996) in Endang Mulyatinigsih which consists of 5 stages which include analysis, design, development, implementation, and evaluation. The test subjects involved were one material expert, one media expert, one linguist, and 37 students of class VII MTsN 1 Nagan Raya. The results showed that the material expert obtained a score of 4.61 which was included in the "Very Feasible" category, the learning media expert obtained a score of 4.36 which was included in the "Very Feasible" category, the linguist obtained a score of 4.63 which was included in the "Very Feasible" category, and from 37 students of class VII MTsN 1 Nagan Raya obtained positive response results with a percentage obtained ≥ 65%.

ABSTRAK

Teknologi dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran maupun media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penulis merumuskan masalah, “Bagaimana pengembangan, kelakyakan serta responden peserta didik terhadap media animasi pada pembelajaran Fiqih materi Thaharah dengan aplikasi Kinemaster berbasis Android?” Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi pada pembelajaran Fiqih materi Thaharah dengan aplikasi Kinemaster berbasis Android, kelayakan dan kemanfaatan media pembelajaran di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Reserch and Development (R&D) dengan Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) dalam Endang Mulyatinigsih yang terdiri dari 5 tahap yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba yang terlibat adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa, dan 37 peserta didik kelas VII MTsN 1 Nagan Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli materi mendapatkan nilai 4,61 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 4,36 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, ahli bahasa mendapatkan nilai 4,63 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan dari 37 peserta didik kelas VII MTsN 1 Nagan Raya mendapkan hasil respon positif dengan presentase yang diperoleh ≥ 65%.


Keywords


Animasi, ADDIE, Fiqih

References


Al-Fandi, Haryanto, Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2011

Ana Ardi, Mobile Programming: Pengembangan Aplikasi untuk Android Phone, Yogyakarta: Skripta Media Creative. 2013

Arief, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Jakarta : Balai Pustaka. 2007.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011

Bambang Hartono, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Bambang Swato Sunuharyo, Pengaruh Lingkungan Kerja , Jakarta : Balai Pustaka. 2018.

Busran, Fitriyah, Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android‛, jurnal TEKNOIF. 2015

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Chalidjah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, Surabaya: Al-Ikhlas. 1994

Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2010

Deni Darmawan, Mobile Lerarning sebuah aplikasi teknologi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Henry Kurniawan, Tri Shandika Jaya, Desain dan Implementasi Mobile Kuliah di PoliteknikNegeri Lampug Berbasis Teknologi Android‛, Jurnal Ilmiah ESA. 2016.

Intan Ayu Wulandari, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash 6 Mengukur Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Thesis UIN Raden Intan Lampung. 2017

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: PT. Kencava. 2004.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta. 2012.

Sherief Salbino, Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula, Jakarta: Kuni Komunikasi, 2014.

Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pedagogia. 2012.

Wina Sanjaya, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i3.21876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad mabrur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License