INTERNALISASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SEKOLAH RELIGIUS DI SMP WALISONGO

Zidny Farihatun Nimah

Abstract


Penerapan pelaksanaan program literasi Al-Qur'an merupakan proses yang sudah diatur secara struktur. Tujuan dari penelitian ini yaitu membentuk karakter religius siswa SMP walisongo Pecangaan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat from program literasi Al-Qur'an. This study employs a quantitative approach with a descriptive methodology. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan documentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tidak sangat disiplin ketika datang untuk memulai program membaca Al-Qur’an. Akibatnya, beberapa kegiatan dalam program membaca Al-Qur’an diimplementasikan, seperti: 1) pemanasan 10 menit sebelum memulai studi kelompok Al- Qur’an; 2) studi sholawat; 3) studi asmaul husna; dan 4) studi sholat dhuha. Apa yang mendukung keberhasilan kegiatan ini adalah: 1) sumber daya sekolah, 2) media dan bahan belajar, dan 3) sumber daya individu. Di sisi lain, apa yang menghalangi kegiatan adalah: 1) kurangnya disiplin siswa, 2) pidato dan presentasi yang kurang dipersiapkan.


Keywords


Karakter Religius, literasi Al-Qur’an, Profil Pelajar Pancasila

References


A, J. J., & Bastian, &. A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.

Anggraini M.S.A.; Zulfiatai, H.M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya sekolah Di SDN Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 151-158.

Creswell, J. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition.

Eka Letteresa, Yuli Erviana. (2019). Implementasi Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Bagi Siswa SD Muhammadiyah Argosari.

fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan. PT Refika Aditama.

Ismail, S., Suhana, S., & Suhana, &. Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan(2), 76-84.

Jalaludin. (2012). Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1-14.

Juliani, & Bastian, &. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.

Kemendikbud. (2021). Profil pelajar Pancasila. Kemendikbud.

Kemendikbud, R. (2022). Struktur Kurikulum dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. 42-45.

Kurniasari. (2021). Pngembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 640-648.

Kurniastuti, R. (2022). Implementasi Pelajar Pancasila Sebagai Salah satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Pendidikan.

Kurniawan, A. (2019). Analisis Penanaman Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Berbasis Islam Di Kota Purwokerto. purwokerto.

Lubaba, M. N. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. 2022-2687.

Moleong, L. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mufid, M. (2017). Kebijakan Kepala Sekolah tentang Program Literasi Berbasis Agama Islam Dan Implementasinya Dalam Upaya Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMK Bhakti Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis, Pendidikan Agama Islam, Salatiga.

Nabila, A. O., & Wulandari, &. (2022). Elemen Berkebhinekaan Global Pada Buku Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(8), 788-797.

Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Di SD IT Noor Hidayah. Jurnal Riset Pedagogik.

PAI, H. w. (2023).

Purbasari, I., & Panggabean, S. &. (2021). Sistem Student Learning Center dan Teacher Center Learning. Media Sains Indonesia.

Purwanto, S. (2022). Batik spero sebagai kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 322-332.

Rambaloe. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palopo. Tesis, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Pendidikan Agama Islam.

Riyanto, Y. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: SIC.

Rusnaini, R. S. (2021). Insentifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 230. doi:https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Saifuddin. (2018). Implementasi Literasi Al-Qur'an pada Anak Usia Dini; (Studi Kasus Pengguna Metode Qiraati di Kabupaten Cirebon). Tesis.

Sarifudin, S. S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik(25), 155-167.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulastri, S. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila bagi Guru di Sekolah dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 413-420.

Suma, K., Pujani, N. M., & Harjatanaya, N. P. (2022). Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Revitalisasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 1 Banjar Jawa.

Supraptiningrum, A. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.

Winarsih. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter siswa Kelas III Melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2388-2392.

Yasin. (2020). Sosiologi Pendidikan Sebagai Basis Manajemen Pendidikan dalam Penguatan Karakter Siswa. Al Rabwah, 103-121.

Zaini. (2018). Program Literasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Tesis, Pendidikan Agama Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i4.22162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zidny Farihatun Nimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License