ETIKA PENGELOLAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

saifullah isri

Abstract


Manajemen merupakan kebutuhan yang niscaya untuk memudahkan pencapaian tujuan manusia dalam organisasi atau kelembagaan, serta mengelola berbagai sumber daya kelembagaan tersebut, seperti sarana dan prasarana, waktu, SDM, metode dan lainnya secara efektif, inovatif, kreatif, solutif, dan efisien. Urgensi Manajemen dalam Pengelolaan Kelembagaan Islam adalah untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasi serta mengontrol sistem pelaksanaan kelembagaan tersebut. Adapun manajemen kelembagaan dalam pandangan Islam adalah harus ada sifat ri'ayah atau jiwa kepemimpinan, sehingga memiliki prinsip etika dalam pengelolaan di antaranya ada prinsip tauhid, berkeadilan, bebas berkehendak, akuntabilitas, integritas, bertanggungjawab dan berkelanjutan. Etika pengelolaan manajemen pendidikan Islam merujuk pada prinsip-prinsip moral dan tata kelola yang diterapkan dalam mengelola pendidikan Islam. Etika pengelolaan ini mencakup nilai-nilai yang harus dipraktikkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengelola pendidikan Islam. Hal yang tidak kalah penting dalam pengelolaan kelembagaan pendidikan Islam adalah pemenuhan kepentingan publik yaitu Pengelola pendidikan Islam harus mengutamakan kepentingan publik dan masyarakat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka. Mereka harus memastikan bahwa semua kebijakan dan keputusan yang diambil berdampak positif bagi masyarakat dan umat Islam pada umumnya. Prinsip-prinsip etika pengelolaan manajemen pendidikan Islam ini penting untuk diterapkan guna menciptakan lingkungan pendidikan yang baik, bermoral, dan berkualitas. Dengan mengedepankan etika pengelolaan, diharapkan pendidikan Islam dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik dan masyarakat umum.


Keywords


Etika Pengelolaan, Manajemen, Pendidikan Islam

References


David, R. Fred, Konsep Manajemen Strategis, Edisi VII (terjemahan). Jakarta, Indeks, 2004

Hasibuan, S.P. Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan II. Jakarta, Toko Gunung Agung, 1995

___________, Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Cetakan I. Jakarta, Toko Gunung Agung, 1996

Ismail, M. Yusanto, Pengantar Manajemen Syariat, Cetakan II. Jakarta, Khairul Bayan, 2003

Johnson, R.A, The Theory and Management of System. Tokyo, McGraw Hill Kogakusha, 1973.

Kadarman, A.M. et.al, Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta, Gramedia, 1996.

Mondy, R.W.and Premeaux, Management: Concepts, Practices and Skills. New Jersey, Prentice Hall Inc Englewood Cliffs, 1995

Oxford, Learner’s Pocket Dictionary, Newyork, Oxford University Press, 2005

Rusyan, A. Tabrani, Manajemen Kependidikan, Bandung, Media Pustaka, 1992

Soetopo, Hendiyat dan Soemanto, Wasty, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya, Usaha Nasional, 1982

Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan. Bandung, Angkasa, 1985

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cetakan I. Jakarta, Ciputat Press, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i4.22212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 saifullah isri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License