PENANGANAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI EFIKASI DIRI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN AGAMA

Ristawati Ristawati

Abstract


Setiapa anak memiliki latar belakang dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, untuk itu diperluakan penanganan yang tepat guna menyatukan perbedaan untuk mencapai tingkat regiliusitas secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode Library Research terhadap beberapa literatur yang terkait dengan penanganan regiliusitas siswa dan perspektif agama. Dari beberapa literatur  ditemukan bahwa dalam konsep pendidikan anak tidak dipandang sama dalam proses pembelajaran, meskipun dalam konsep fitrah, manusia dianggap memiliki potensi yang sama, namun tetap memberikan penjelasan bahwa lingkungan dan keluarga memberikan pengaruh terhadap kefitrahan seorang anak. Hal ini pula yang tergambarkan di sekolah dimana sekumpulan anak dengan latar belakang yang berbeda-beda berkumpul dengan tujuan yang sama yaitu mencapai perubahan, dalam praktiknya guru diberikan tanggung jawab lebih untuk memiliki kemampuan khusus agar memahami kondisi anak untuk menyatukan perbedaan baik perilaku maupun kemampuan agar menjadi capaian yang positif. Hal perlu dilakukan guru adalah guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menginternalisasikan nilai religius dalam kehidupan sekolah melalui keteladaan dan pembiasaan. Selebihnya kaitannya dengan efikasi siswa guru perlu peran lebih melalui pendampingan khusus seperti coping spritual dan lainnya pada siswa yang bermasalah dengan penuh pertimbangan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik, yang paling penting lagi adalah kesungguhan guru memberikan pendampingan setelah mendeteksi persoalan yang memucu terjadinya perilaku negatif pada siswa secara sungguh-sungguh.


Keywords


Penanganan, regiliusitas siswa, efikasi diri.

References


Abdul Awulloh, Dkk., Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Study Kasus Di UPTD SDN 4 Margadadi, Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”, Cirebon, 28 Juni 2021.

Endin Nasrudin dan Ujam Jaenudin, PSIKOLOGI AGAMA DAN SPIRITUALITAS: Memahami Perilaku Beragama dalam Perspektif Psikologi, Bandung: Lagood’s Publishing. 2021.

Hasanah, H., & Fadlilah, A, Problem Religiusitas dan Coping Spiritual pada Anak Berhadapan Hukum. Sawwa: Jurnal Studi Gender, Vol. 13, No. 1, 2018.

Hasym Hasanah dan Ainun Fadlilah, Problem Religiusitas dan Coping Spiritual pada Anak Berhadapan Hukum, SAWWA: Jurnal Studi Gender, Vol. 13, No. 1, 2018.

Jakaria Umro, Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0, Jurnal Al-Makrifat, Vol 5, No 1, 2020.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2016.

Mohammad Takdir Ilahi, Gagalnya Pendidikan Karakter, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2014.

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, edisi rebvisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

R. S. Lazarus, Coping Theory and Research: Past, Present, and Future, Psychosomatic Medicine, Vol. 55, No. 3.

Salamiah Sari Dewi dan Hairul Anwar Dalimunthe, Efikasi Guru dalam Mengembangkan Religiusitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kelas Awal, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 4, 2022.

Siti Suwaibatul Aslamiyah dan Aidatul Fitriyah, Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik, Jurnal Akademika, Vol. 12, No. 2, 2018.

Sri Florina, Efikasi Diri dalam Pembelajaran, Jurnal JRPP, Volume 2 Nomor 2, Desember 2019.

Suparlan, Mendidik Karakter Membetuk Hati, Jakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012.

Sutarjo Adi Susilo J.R, Pembelajaran nilai karakter, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Taufik Hidayat, Dkk., Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter sosial siswa Di Era Society 5.0, Heutagogia: Journal of Islamic Education, Vol 2, No 2, 2022.

Triana Rosalina Noor, Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem Di Era 4.0, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2.

Zulkifli, Psikologi Perkembangan, edisi revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i4.22503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License