SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA MENGHADAPI DEKADENSI AKHLAK SISWA DI SMAN 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v13i2.22558Keywords:
Sinergitas, Guru, orangtua, pembinaan akhlak.Abstract
Guru dan orangtua adalah pemegang peranan penting pembinaan akhlak siswa. Di samping itu, keberhasilan anak sangat tergantung pula pada orangtua dan guru dalam mendidik dan membinanya. Akan tetapi, banyak orangtua dalam masyarakat berpikir bahwa proses peningkatan pembinaan akhlak kepada anak semata-mata menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan sekolah, sehingga orangtua kurang perhatian dalam melakukan kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisa data yang ada. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dengan jumlah sampel 70 orangtua siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orangtua siswa di SMAN 1 Bandar Baru sudah melakukan kerjasama yang baik, hal tersebut dapat di lihat dari bentuk-bentuk kerjasama yang dilakukan dengan melakukan pertemuan-pertemuan dan mengadakan komunikasi yang baik. Adanya hambatan yang dihadapi dalam melakukan kerjasama, hal ini dikarenakan kesibukan orangtua dengan aktivitas sehari-hari, namun demikian adanya usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan meluangkan waktu dari aktivitas sehari-hari yang mayoritas sebagai petani dan nelayan.References
Abdurrahmat Fathoni, Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta. Rineka Cipta. 2006.
Afriantoni, Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi, Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Almira Dewi, Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak Anak, JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH (JER), Vol. I, No. 1, 2022.
Basrowi dan Suwandi. Penelitian Kualitatif, Jakarta. Rineka Cipta, 1-2. 2008.
Dwi Rokayah, Kerjasama Guru Akidah Akhlak dengan Guru BK Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun, Skripsi, Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2023.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1997.
Ibrahim Amini, Agar Tidak Salah Mendidik Anak, Jakarta: Al-Huda, 2006.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke XXXIV, Bandung. Remaja Rosdakarya. 2015.
Muhammad Fadlillah, Desain Pembelajaran Paud: Tinjauan Teoritik dan Praktik, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Nurul H. Maarif, Menjadi Mukmin Kualitas Unggul, Ciputat: Alifia Books, 2018.
Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Rendy Giantama dengan judul Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Muhammadiyah Pakis Baru, Nawangan, Pacitan, Thesis, Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2022.
Retno Widiyastuti, Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti, Semarang: Alpirin, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.