PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA EMPAI TANONG KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR

Ristawati Ristawati, muhammad Ar Waled

Abstract


Pembinaan akhlak anak merupakan suatu usaha dan kegiatan yang dilakukan dengan cara membimbing dan mengarahkan kepada nilai-nilai yang positif sehingga anak bisa membedakan perilaku mahmudah dan mazmumah. Pembinaan akhlak anak jadi tanggung jawab bersama terutama para tokoh masyarakat dan orangtua untuk memberikan dan menanamkan akhlak yang terpuji kepada setiap pribadi anak. Kajian ini melihat bagaimana peran tokoh masyarakat (Tuha Peut), usaha-usaha positif konstruktif apa saja yang dilakukan tokoh masyarakat dan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak anak di Desa Empai Tanong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis (field Reseacrh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tokoh masyarakat memiliki peranan yang sangat penting  dalam pembinaan akhlak anak di Desa Empai Tanong. Hal ini terlihat pada partisipasi langsung maupun tidak langsung dan secara individual maupun atas nama lembaga. Salah satu hasil terlihat dengan berjalannya pendidik anak-anak di TPA, pengajian anak, remaja dan orang tua. Kendala utama dalam pembinaan akhlak ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam memperbaiki diri dan menasehati orang lain sehingga terkesan kurang maksimal terhadap pembinaan akhlak anak.


Keywords


Peran, tokoh masyarakat, pembinaan akhlak, anak

References


Abdul Rahman, Dkk., Desakralisasi Partai Politik Islam Pada Awal Reformasi Di Indonesia, Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol. 8, No. 1. 2022; 47-59.

Abdullah Nasih Ulwan, Merajut Keping-keping Ukhwah, alih Bahasa: Aammi An-nadhirah, Solo: Ramadhani, 1989.

Ata Firmanyah, Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak, Alim: Journal of Islamic Educatioan, Vol. 2, No. 1. 2020; 139-150.

Bahtiar Efendy, Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam Indonesia, Jakarta: Paramadina, t.t.

Departemen Agama RI, Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Derektorat Jenderal Kelembagaan Agama, 2018.

Fazlurrahman, Islam, New York, Chicago, San Fransisco: Holt, Reinhant, Winston, 1996.

Fuad Ikhsan, Dasar-dasar Pendidikan, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Ida Umami, Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Harmonisasi Kehidupan dan Akhlak Masyarakat di Kota Metro Lampung, Fikri, Vol. 3, No. 1, Juni 2018.

M. Ansharuddin, Upaya-Upaya Pembaharuan dan Dasar Modernisasi di Dunia Islam (Menelusuri Pandangan Muhammad Abduh), CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 3, No. 2. 2017; 45-58.

M.I Soelaiman, Suatu Telaah Tentang Manusia Religi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, Dirjen PPLTK, t.t.

Muhammad Ali Guthbi, Sang Anak Dalam Naungan Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro, t.t.

Siti Rahmah, Akhlak dalam Keluarga, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 20, No. 2. 2021; 27-42.

Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Uus Sunandar, Peranan Tokoh Masyarakat dan Kesadaran Orang Tua dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2 No.7. 2021.

Uswatun Hasanah, Melani Putri, Revitalisasi Peran Kiyai Dalam Membina Akhlak Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19, Journal of Social Science and Education, Vol. 2, No. 2. 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i2.22559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License