Identification Of Project Based Learning Implementation On Islamic Religious Education In Public High School In Tarakan City
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i1.22621Keywords:
Identifikasi, Project Based Learning, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mewujudkan pribadi yang setia, bertaqwa, berakhlak mulia dan bermoral dalam diri peserta didik melalui serangkaian kegiatan dan pengalaman pembelajaran yang bermakna. Model pembelajaran PjBL dapat menjadi alternatif yang sangat sesuai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan PjBL untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentu tidak terlepas dari peran guru sebagai fasilitator pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat implementasi PjBL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Kota Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan sekolah menengah di Kota Tarakan belum mengimplementasikan PjBL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan beberapa faktor-faktor penghambat seperti keterbatasan waktu, keterbatasan alat dan bahan, keterampilan guru, biaya, kurangnya pelatihan terkait model pembelajaran PjBL, serta keterbatasan partisipasi aktif peserta didik.
References
Creswell, John W. Creswell. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga, diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.
Fadriati., Muchlis, Litasari., Asroa, Iman. (2023). Model Pembelajaran PAI dengan Project Based Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 5 (1), 177-188. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2542
Garnida, Dadang. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama.
Guo, Pengyue, Nadira Saab, Lysanne S. Post, and Wilfried Admiraal. (2020). ‘A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures’. International Journal of Educational Research 102 (January): 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Juwanti, Arum Ema, dkk. (2020). Project-Based Learning Unti PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi 3 (2), 72-82. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/752/437
Laksono, Sonny. (2013). Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi dari Metodologi ke Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lasauskiene, Jolanta, and Asta Rauduvaite. (2015). Project-Based Learning at University: Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7th World Conference on Educational Sciences, 197 (July): 788–92. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.182.
Lubis, Rahmad Fauzi. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9 (1): 1–30.
Majid, Abdul, & Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhaimin, et, al. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Noor, Wahyudin. (2020). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam. Bangka Belitung: Shiddiq Press
Permendiknas No. 70 Tahun 2009
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
Rosidah, Ati. 2020. “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/. diakses Maret 2023
Sutrisno., Nasucha, Juli Amalia. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 1 (1), 13-22.
Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.
Wahyuni, E., & Fitriana. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy, 3(1).
Wirawan, Candra. (-). Pendidikan Agama Islam. https://academia.edu/18325266/Pendidikan_agama_islam. )
Zakaria, Gamal Abdul Nasir., Nawi, Aliff. (2020). Design and Development of a PBL Mobile Application in Islamic Education: A Conceptual Framework. International Journal of Information and Education Technology 10 (1), 26-30.
Zulaikhah, Siti. (2015). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
https://sma.kemdikbud.go.id/berita/Kurikulum%20Merdeka%20sebagai%20opsi%20satuan%20Pendidikan%20dalam%20rangka%20pemulihan%20pembelajaran%20tahun.%202022%20s.d.%202024 , diakses 15 Maret 2023 pukul 14.37 WITA
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/ diakses 15 maret 2023 Pukul 14.41 WITA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.