Identification Of Project Based Learning Implementation On Islamic Religious Education In Public High School In Tarakan City

Nurul Fadilah, Siti Rahmi, Putri Ananda Puspita

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mewujudkan pribadi yang setia, bertaqwa, berakhlak mulia dan bermoral dalam diri peserta didik melalui serangkaian kegiatan dan pengalaman pembelajaran yang bermakna. Model pembelajaran PjBL dapat menjadi alternatif yang sangat sesuai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan PjBL untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentu tidak terlepas dari peran guru sebagai fasilitator pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat  implementasi PjBL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Kota Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan sekolah menengah di Kota Tarakan belum mengimplementasikan PjBL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan beberapa faktor-faktor penghambat seperti keterbatasan waktu, keterbatasan alat dan bahan, keterampilan guru, biaya, kurangnya pelatihan terkait model pembelajaran PjBL, serta keterbatasan partisipasi aktif peserta didik.


Keywords


Identifikasi; Project Based Learning; Pendidikan Agama Islam

References


Creswell, John W. Creswell. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga, diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.

Fadriati., Muchlis, Litasari., Asroa, Iman. (2023). Model Pembelajaran PAI dengan Project Based Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 5 (1), 177-188. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2542

Garnida, Dadang. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama.

Guo, Pengyue, Nadira Saab, Lysanne S. Post, and Wilfried Admiraal. (2020). ‘A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures’. International Journal of Educational Research 102 (January): 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Juwanti, Arum Ema, dkk. (2020). Project-Based Learning Unti PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi 3 (2), 72-82. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/752/437

Laksono, Sonny. (2013). Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi dari Metodologi ke Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lasauskiene, Jolanta, and Asta Rauduvaite. (2015). Project-Based Learning at University: Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7th World Conference on Educational Sciences, 197 (July): 788–92. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.182.

Lubis, Rahmad Fauzi. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9 (1): 1–30.

Majid, Abdul, & Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhaimin, et, al. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Noor, Wahyudin. (2020). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam. Bangka Belitung: Shiddiq Press

Permendiknas No. 70 Tahun 2009

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Rosidah, Ati. 2020. “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/. diakses Maret 2023

Sutrisno., Nasucha, Juli Amalia. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal 1 (1), 13-22.

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Wahyuni, E., & Fitriana. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy, 3(1).

Wirawan, Candra. (-). Pendidikan Agama Islam. https://academia.edu/18325266/Pendidikan_agama_islam. )

Zakaria, Gamal Abdul Nasir., Nawi, Aliff. (2020). Design and Development of a PBL Mobile Application in Islamic Education: A Conceptual Framework. International Journal of Information and Education Technology 10 (1), 26-30.

Zulaikhah, Siti. (2015). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

https://sma.kemdikbud.go.id/berita/Kurikulum%20Merdeka%20sebagai%20opsi%20satuan%20Pendidikan%20dalam%20rangka%20pemulihan%20pembelajaran%20tahun.%202022%20s.d.%202024 , diakses 15 Maret 2023 pukul 14.37 WITA

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/ diakses 15 maret 2023 Pukul 14.41 WITA




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i1.22621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Fadilah, Siti Rahmi, Putri Ananda Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License