Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Pemahaman Islam Wasathiyah di SMK Kreatif Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i1.23007Keywords:
Pendidikan Agama Islam, scrapbook berbasis nilai-nilai toleransiAbstract
Pengembangan bahan ajar PAI berupa scrapbook berbasis nilai-nilai toleransi dalam pemahaman Islam Wasathiyah diharapkan meningkatkan pengetahuan agama Islam peserta didik, sehingga semakin mudah dalam menangkal adanya radikalisme serta intoleran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar PAI berbasis nilai-nilai toleransi dalam pemahaman Islam wasathiyah serta untuk mengetahui efektifitas dari pengembangan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah pengembangan atau disebut Research and Development (R&D) dengan model pengembangan kemp yang memiliki delapan tahapan, yaitu, menentukan tujuan dan daftar topik, analisis karakteristik peserta didik, menetapkan tujuan, menentukan materi, penilaian awal, pemilihan media/sumber pembelajaran, pelayanan pendukung, dan revisi. Penelitian dilakukan di SMK Kreatif Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan sampel 19 peserta didik. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakana scrapbook mengalami peningkatan dengan rata-rata pre test 65,53 sedangkan post test 87,89. Perolehan hasil uji t dengan taraf kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa bahwa thitung > ttabel yang berarti thitung lebih besar dibandingkan ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan scrapbook. Jadi, dapat disimpulkan bahwa scrapbook dapat dinyatakan efektif dan layak menjadi bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang pada mata pelajaran PAI di SMK Kreatif Hasbulloh Tambakberas Jombang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.