Relevansi Nilai-Nilai Moral dalam Kitab Ta’limul Muta’allim terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i4.23536Keywords:
Pendidikan Karakter, Society 5.0, MoralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi nilai-nilai moral dalam kitab Ta'limul Muta'allim terhadap pendidikan karakter di Indonesia dalam era Society 5.0. Kitab Ta'limul Muta'allim adalah teks klasik Islam yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mendidik individu tentang nilai-nilai moral dan etika. Dalam era modern ini, dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang pesat, kebutuhan akan pendidikan karakter menjadi lebih penting dari sebelumnya. Dengan memeriksa ajaran Ta'limul Muta'allim, kita dapat memperoleh wawasan berharga tentang bagaimana nilai-nilai moral ini dapat diterapkan untuk membangun fondasi karakter yang kuat pada generasi muda Indonesia. Dalam konteks Society 5.0, di mana teknologi memainkan peran signifikan dalam membentuk masyarakat, prinsip-prinsip dan ajaran yang ditemukan dalam Ta'limul Muta'allim dapat menjadi panduan bagi individu muda untuk menavigasi kompleksitas dunia modern. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral seperti kejujuran, kasih sayang, dan integritas ke dalam program pendidikan karakter, Indonesia dapat membina generasi yang bermoral tinggi dan bertanggung jawab secara etika, yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Melalui pendekatan holistik yang menggabungkan kebijaksanaan tradisional dengan pengetahuan kontemporer, Indonesia dapat memastikan bahwa generasinya dilengkapi dengan alat yang diperlukan untuk berkembang dalam Society 5.0 sambil menjunjung nilai-nilai kebaikan dan kebajikan yang abadi.
References
Aliyyah. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Kitab Bidayatul Hidayah Serta Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 15–145. http://digilib.uinsby.ac.id/35306/
Ariani, D., & Syahrani. (2022). Manajemen Pesantren dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-border, 5(1), 611–621.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Effendi, R. (2021). Studi Islam Indonesia: Pendidikan Islam Modern (Kajian Historis Perspektif Karel A Steenbrink) Indonesian Islamic Studies: Modern Islamic Education (Historical Study of Karel A Steenbrink’s Perspective). Jurnal Studi Islam, 2(1), 36–48.
Fadhilah, L. (2021). Konsep Wara’ dan Tawakal Menurut Az-zarnuji Dalam Kitab Ta,limul Mu,taalim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak. Skripsi (Ponorogo: Fak. Tarbiyah IAIN Ponorogo, 2021), November, Hal,50.
Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521
Fahyuni, & Istikomah. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. Nizamia Learning Center, 3(1), 168.
Febriyani, F. (2020). PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 LAMPUNG SELATAN. 2507(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Harun, S. (2020). Pembelajaran di Era 5.0. November, 265–276.
Hazmi, N. (2019). TUGAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Sains dan Seni ITS, 53(1), 1689–1699. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106%0A
Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Jauhari, A. L. (2021). Etika Pendidikan Islam (Studi Komparatif Syekh Al-Zarnuji Dan Kh. Hasyim Asy’ari). http://etheses.iainkediri.ac.id/3761/%0Ahttp://etheses.iainkediri.ac.id/3761/2/932137615_bab2.pdf
Kamil. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WACANA INTELEKTUAL MUSLIM DAN KHAZANAH PENDIDIKAN ISLAM. Alwatzikhoebillah (Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, dan Humaniora), III, 184–195.
Khoiri, A. (2017). Konsep Pendidikan Menurut Syeikh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al.Muta’allim. 1–120. http://repository.radenintan.ac.id/1686/3/Daftar_Isi.pdf
Mualif, A. (2022). Pendidikan Karakter dalam Khazanah Pendidikan. Journal Education and Chemistry, 4(1), 29–37.
Nur, I., Remmang, H., Jumardin, A., & Hamka, H. (2023). Arah Perkembangan Ilmu Manajemen menuju Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 1, 823–836. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1558
Nuriyah, S. (2022). Penghormatan murid terhadap guru di dalam kitab ta’allim Muta’allim. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 43.
Nurul Hidayah, Muqowim, R. M. (2020). “Perspektif Kh Hasyim Asy’Ari Tentang etika Murid Terhadap Guru Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Al Ibrah, 5(1), 75.
Nurullah, N., & Asrorudin, A. (2023). Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta`Limul Muta`Aallim Karya Imam Az-Zarnuji dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Khulasah : Islamic Studies Journal, 4(2), 45–63. https://doi.org/10.55656/kisj.v4i2.104
Pihar, A. (2022). Modernization of Islamic Religious Education in the Era of Society 5.0. Journey-Liasion Academia and Society, 1(1), 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Rizki, L. (2015). RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Ekp, 13, 113–121.
Sa’diyah, B., Yusuf, M., & Jannah, S. roudhotul. (2022). Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Al-Hikam, 1(1), 19–32. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3284
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Shilviana, K. F. (2020). Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 50–60.
Sumarna, D., & Kadriah, A. (2023). Penelitian Kualitatif Terhadap Hukum Empiris. Jurnal Penelitian Serambi Hukum, 16(02), 101–113. https://doi.org/10.59582/sh.v16i02.730
Suryani, L. (2021). Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’Lim Muta’Allim Tentang Akhlak Belajar Dan Karakter Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi (Bengkulu:Fak.Tarbiyah IAIN BENGKULU), Hal, 44. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5364/
Ummi Lailia Maghfiroh, & Abidin, A. Z. (2020). RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.