GLOBALISASI DAN RESPON PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Authors

  • A. Suradi Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2364

Keywords:

Globalisasi, Respon Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Sekolah

Abstract

Islamic education is education that is not limited by the institutional environment of Islam or by the study of certain sciences, and based on purely Islamic experience. Yet it reaches all aspects of the knowledge, experience, and aspirations of the Muslim community. So the basic view that became the starting point of science PAI is the theoretical-practical aspects in all fields of science related to existing problems and that will exist in society. Problems in society continue to grow without stagnation. Therefore, PAI as an anticipative solution to prepare not only morally but the spirit of struggle to compete to develop science. Because modern times now want the dynamics of life to flow very swiftly.

References

Arifin, Ahmad. (ed). 2009. Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Azizy, A. Qodri. 2003. Melawan Globalisasi: Interpretasi Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan, Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depdiknas.

Harto, Kasinyo dan Abdurrahmasyah. 2009. Metodologi Pembelajaran Berbasis Aktive Learning: Arah Baru Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah. Palembang: Grafika telindo.

Kuntowijoyo. 2006. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Maimun, Agus, dan Agus Zaenul Fitri. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompettitf. Malang: UIN-Maliki Press.

Madjid, Nurcholish. 2008. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujtahid, Arah Masa Depan Pendidikan Islam, http://www.uin-malang.ac.id/ index.php?option=com_content&view=article&id=2650:arah-masa-depan-pendidikan-Islam& catid=35:artikel-dosen&Itemid=210

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis.

Sutrisno, 2015. “Pendidikan Agama Islam Berorientasi pada Problem Subyek Didik†Makalah disajikan dalam Seminar Pascasarjana STAIN Kediri, 15 Maret 2015.

Tafsir, A. 2015. Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Dalam http://www.google.co.id/=arah%20pendidikan%20agama%20Islam&source.

Tim Penyusun. 2009. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Zuhairini, dkk., 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-12-29

Issue

Section

Artikel