Marfologi Nabatiyah Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Pemikiran Ibnu Sina).
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.24038Keywords:
Marfologi, Tumbuhan, Ibnu Sina.Abstract
Tumbuh-tumbuhan bagian penting dari kehidupan manusia. Tumbuhan mendapatkan perhatian cukup besar dalam Islam bahkan dari tumbuhan lah lahirnya banyak hukum fiqih dan lainnya. Marfologi tumbuhan dalam Al-Qur’an jadi bukti kuat mengapa harus memusatkan perhatian terhadap kajian ini. Penelitian ini bersifat library research dengan sumber rujukan Al-Qur’an, Hadits Nabi, pendapat ulama, hasil kajian dan penelitian relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Dalam Al-Qur’an terdapat marfologi umum tumbuh-tumbuhan sebanyak 115 kali dari berbagai surat. Marfologi tumbuhan dan menyandingkan dengan pemikiran Ibnu Sina menemukan pembahasan mengenai jiwa tumbuhan, Jiwa tumbuh-tumbuhan (an-Nafsul Nabatiyah), yakni mempunyai tiga daya yakni; (1) makan (Daya nutrition), yang mengubah makanan menjadi bentuk tubuh, dimana daya tersebut ada didalamnya; (2) tumbuh (growth), yang menambah kesesuaian pada seluruh bagian tubuh yang diubah karena makanan, baik dari segi panjang, lebar maupun volume; (3) berkembang biak (reproduction) yang mengambil dari tubuh suatu bagian yang secara potensi sama, sehingga terjadi proses penciptaan dan penyampuran yang membuatnya sama secara nyata.
References
Fitra Ramdani Ointu. 2021. TAFSIR TARBAWI: Morfologi Tumbuhan Dalam Perspektif Al-Quran, Tesis. Lihat: https://ejournal.unib.ac.id/ .
Fitriana Hoyrunnisa, Penciptaan Tumbuhan dalam Kajian Tafsir Ilmi, Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Hayatul Husni. 2017. Morfologi Tumbuhan Menurut Perspektif Al-Qur’an, Jakarta. PIIA.
M Suswandari. 2021. Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1.
Mohd. 2022. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, N0. 1; 46-55.
Mohd. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, Vol. 3, No. 1; 46-55.
Muhammad Mutawali. 2021. Tafsir Ijmali Sebagai Metode Tafsir Rasulullah, Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, Vol. 7. No. 1; 5-7.
Sahihal-Bukhariy, Kitab al-Tibb, bab Habbatus al-Sawda’, Hadith Nomor; 5363.
Saipolbarin Ramli dan Ahmad Fikri Husin. 2015. Kajiansejarah Terhadap Tumbuh-Tumbuhan Dalam Al-Qur’an Al-Karim: Satu Tinjauan (Historical Study of Plants in Holy Al-Quran: AReview), Jurnal al-Tamaddun, Vol. 10, No. 2; 17-34.
Syaiful Rizal. 2020. Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam, CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 2; 96-107.
Tiam, Sunardji Dahri. 2014. Historiografi Filsafat Islam: Corak, Periodesasi dan Aktualitas. Malang Jatim: Intras Publishing.
Ulfah, Dkk. 2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.