IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI TEKNIK FISHBONE DIAGRAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPIT AL JABBAR KARAWANG
Abstract
Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan fokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model PBL dengan menggunakan fishbone diagram pada materi PAI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasi dan wawancara untuk mendapatkan hasil dan informasi mengenai penerapan model PBL dengan teknik fishbone pada materi PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Problem-Based Learning (PBL) dengan teknik fishbone memiliki potensi untuk memotivasi siswa dalam menghasilkan solusi yang kreatif dan inovatif, serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap isu-isu sosial yang relevan. Penelitian ini memberikan pedoman yang berharga bagi para pendidik dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik mereka. PBL sendiri merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah di mana siswa belajar dan mengaplikasikan konsep-konsep teoritis yang mereka pelajari dalam kehidupan nyata. Penggunaan diagram fishbone dalam konteks PBL dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi akar permasalahan yang ada serta mencari solusi yang efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, implementasi PBL dengan teknik fishbone dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswa, serta membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis yang sangat diperlukan di era globalisasi ini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v15i1.24217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Auliana Fitri Intam Mutiara Sari, Lia Nurlatifah Lutfiah, Ferianto Ferianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.