Konsep Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membekali Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.24228Abstract
Pendidikan Agama Islam diera modernitas mengalami persoalan yang cukup kompleks sehinggga dibutuhkan solusi. Moralitas generasi yang merosot ini menjadi isu yang selalu diperbincangkan dikalangan pemerhati pendidikan khususnya guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tentunya itu menjadi kegelisahan bersama, jika tidak diarahkan dengan baik maka sangat mustahil pendidikan mampu melahirkan generasi yang bermutu Unggul. Pelajaran PAI sebagai salah satu Mata Pelajaran wajib yang ada disetiap jenjang Pendidikan di Indonesia perlu melakukan sebuah inovasi yang mampu menjawab kebutuhan generasi telah berubah dari zaman ke zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendekatan pembelajaran PAI, Karakteristik pendekatan pembelajaran baru, dan seperti apa Implementasi dari Model Baru tersebut sebagai alternatif pembelajaran PAI dalam membekali generasi Z khusunya pada persoalan karakter anak. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian library research atau penelitian pustaka yang menelaah berbagai tulisan dari jurnal-jurnal terkait pendekatan pembelajaran PAI dan jurnal yang banyak membaahas tentang Generasi Z. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Generasi Z membutuhkan sentuhan kreatif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola pembelajaran agar tercipta situasi pembelajaran yang menyenangkan. Guru PAI memiliki tantangan yang besar agar mampu mendidik generasi Z menjadi generasi yang dapat diandalkan untuk masa depan Bangsa Indonesia yang lebih cerahReferences
Andriani, A. D., Awaludin, R., Muzaki, I. A., Pajarianto, H., Himawan, I. S., Latif, I. N. A., ... & Imaduddin, M. 2022. Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi. Makassar: Tohar Media.
Anwar, C. 2024. Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Inovatif 6(1): 238-249.
Arta, A., Faizal, M. A., & Asiyah, B. N. 2023. The Role of Edupreneurship in Gen Z in Shaping Independent and Creative Young Generation. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis 6(2): 231-241.
Asfiati., & Pulungan, I. 2019. Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Prenadamedia Group.
Baehaqi, M. A. 2022. Pesantren Gen-Z: Re-Aksentuasi Nilai Moderasi Beragama Pada Lembaga Pendidikan. Deepublish.
Bararah, I. 2017. Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Mudarrisuna 7(1): 131-147.
Fitria, Y. 2022. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik. TARBAWI 11(1): 19-34. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i1.264
Gazali, H. 2021. Islam Untuk Gen Z: Mengajarkan Islam, Mendidik Muslim Generasi Z: Panduan Bagi Guru PAI.
Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Imroni, A. 2024. Penguatan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum bagi Generasi Z. KEADILAN: Jurnal Penelitian Hukum dan Peradilan 1(2): 20-29.
Islami, A. I. 2022. Saintis Muda di Era Digital. Alinea Media Dipantara.
Kasali, R. 2018. Strawberry Generation. Mizan.
Kholik, N. 2020. Terobosan Baru Membentuk Manusia Berkarakter di Abad 21: Gagasan Pendidikan Holistik al-Attas. EDU PUBLISHER.
Muthoharoh, M. 2020. Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis hots (higher order thinking skill). JIE (Journal of Islamic Education) 5(2): 131-144.
NashihAbdullah., 2017. Pendidikan Anak dalam Islam. Insan Kamil Solo. Jawa Tengah
Nurmadiah, N. 2016. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar. Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2): 41-54. https://doi. org/10.28944/afkar.v2i2.93
Nurbaiti, L., Padyah, P., & Muzakia, N. O. 2020. Gaya Belajar Siswa Berprestasi. FONDATIA 4(1): 28-34.
Nuryana, Z. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN:Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan 19(1): 75-86.
Priyambodo, P. 2020. Inovasi Pembelajaran Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Untuk Pengembangan Peran Sekolah di Era 4.0. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2): 139-156.
Pratiwi, Z. I., & Maharani, D. 2020. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 10(2): 57-72.
Rahman, A., Pd, M., NURHADI, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset. Guepedia.
Rahmawati, F. 2018. Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam. 13(2): 243-257.
Rahim, F. 2012. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.
Sudrajat, A., & Sufiyana, A. Z. 2020. Filsafat Pendidikan Islam Dalam Konsep Pembelajaran Holistik Pendidikan Agama Islam. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 2(2): 38-47.
Umam, C. 2020. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.