Implmentasi Mata Pelajaran PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Berdasarkan Teori Behavioristik Di MDTA Assabi’iyah Karawang
Ailla Gelisti Gadis Naheswara
Abstract
Menciptakan peserta didik yang memiliki akhlak baik merupakan salah satu cita-cita tujuan pendidikan di Indonesia maka salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan adanya program PAI disetiap jenjang pendidikan sebagai salah satu pelajaran yang menekankan pada nilai-nilai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di mdta assabi'iyah. Hasil dari penelitian ini adalah teori behavioristik pembelajaran PAI dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik tertuang dalam penerapan stimulasi, penguatan (reinforcement), dan latihan. Perubahan tingkah laku peserta didik kearah yang lebih baik adalah dengan termotivasi dalam belajar, penguatan daya ingat, dan sikap sopan santun yang ditunjukkan dalam perilakunya sehari-hari. Dalam hal ini di MDTA Assabiyah Kaliwedi ini peranan guru pun dalam membentuk akhlakul karimah siswa sebagai objek teladan yang baik untuk menstimulus peserta didik agar dapat mengikuti tingkah laku yang baik.