References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arfandi, A., & Shaleh, M. (2018). TAHAPAN-TAHAPAN DALAM MANAJEMEN KURIKULUM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Edupedia. https://doi.org/10.35316/edupedia.v2i2.332
Budi Utama, B., & Rohmadi, Y. (2022). Manajemen Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran yang Berbasis Pada Nilai Multikultural di MTs N 15 Boyolali. Fikrah : Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.32507/fikrah.v6i1.1572
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478
Khaerudin, K., Setiawan, F., & Yuliani, A. (2022). Manajemen Kurikulum di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. MASALIQ. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.91
Maemunah, Y., Darmiyanti, A., & . F. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI RASA TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CIKAMPEK SELATAN JAKARTA. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman. https://doi.org/10.31102/alulum.10.2.2023.199-207
Maruf, A., Sufyan Sauri, A., & Huda, H. (2022). Teori dan Desain Kurikulum Pendidikan Di SD-SMP-SMA di Era Globalisasi. Educational Journal of Islamic Management. https://doi.org/10.47709/ejim.v1i2.1222
Mo’tasim, M., Bakri, M., Mistar, J., Ghony, D., & Purnamasari, N. I. (2020). Pesantren dan Multikulturalisme di Madura: Adaptasi Nilai Multikultural dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Multi Etnis dan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.2.173-194
Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809
Nurwahid, N. (2023). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.3952
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Rohmat, R. (2018). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Multikultural. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insania.v15i1.1512
Salamah, H. N., Amirudin, A., & Sitika, A. J. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7043
Sukatin, Danny, M. A. F., Huda, R. M., & Fajria, Z. I. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DAN EVALUASI. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.35257
Syafnidawati. (2020). Observasi – Universitas Raharja. In Universitas Raharja.
Yanti, C. (2020). PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTI KULTUR. INA-Rxiv.
Zainal Arifin. (2019). DASAR-DASAR KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL (Filsafat Kurikulum yang Mengitarinya). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman.
Zamani, N., & Inayatul Ilahiyah, I. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Pesantren Tebuireng. AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies). https://doi.org/10.26555/al-misbah.v7i1.1128