MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI MULTIKULTURAL DI SMP ISLAM AL I’TISHOM KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.24376Keywords:
Pendidikan, Islam, UIN Sunan Gunung DjatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis nilai multikultural di SMP Islam Al i'tishom Karawang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan berbagai fenomena dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Data-data maupun fakta diperoleh melalui observasi, wawancara terhadap narasumber dan mengkaji dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis untuk menggambarkan serta menganalisis manajemen kurikulum berbasis pada nilai multikultural. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen kurikulum berbasis nilai multikultural di SMP Islam Al I’tishom Karawang meliputi tiga bagian utama yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan (actuating), dan 3) Evaluasi (evaluating). Perencanaan kurikulum merujuk pada PERMENDIKBUDRISTEK dan dengan visi dan misi SMP Islam Al I’tishom. Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Adapun evaluasi kurikulum dilakukan melalui kegiatan penilaian formatif dan sumatif. Kurikulum dievaluasi secara bertahap sebagai bahan peningkatan kualitas pembelajaran. SMP Islam Al I’tishom Karawang telah memasukkan nilai-nilai multikultural dalam kurikulum pendidikannya, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya.
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arfandi, A., & Shaleh, M. (2018). TAHAPAN-TAHAPAN DALAM MANAJEMEN KURIKULUM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Edupedia. https://doi.org/10.35316/edupedia.v2i2.332
Budi Utama, B., & Rohmadi, Y. (2022). Manajemen Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran yang Berbasis Pada Nilai Multikultural di MTs N 15 Boyolali. Fikrah : Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.32507/fikrah.v6i1.1572
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478
Khaerudin, K., Setiawan, F., & Yuliani, A. (2022). Manajemen Kurikulum di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. MASALIQ. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.91
Maemunah, Y., Darmiyanti, A., & . F. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI RASA TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CIKAMPEK SELATAN JAKARTA. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman. https://doi.org/10.31102/alulum.10.2.2023.199-207
Maruf, A., Sufyan Sauri, A., & Huda, H. (2022). Teori dan Desain Kurikulum Pendidikan Di SD-SMP-SMA di Era Globalisasi. Educational Journal of Islamic Management. https://doi.org/10.47709/ejim.v1i2.1222
Mo’tasim, M., Bakri, M., Mistar, J., Ghony, D., & Purnamasari, N. I. (2020). Pesantren dan Multikulturalisme di Madura: Adaptasi Nilai Multikultural dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Multi Etnis dan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.2.173-194
Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809
Nurwahid, N. (2023). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.3952
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Rohmat, R. (2018). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Multikultural. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insania.v15i1.1512
Salamah, H. N., Amirudin, A., & Sitika, A. J. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7043
Sukatin, Danny, M. A. F., Huda, R. M., & Fajria, Z. I. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DAN EVALUASI. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.35257
Syafnidawati. (2020). Observasi – Universitas Raharja. In Universitas Raharja.
Yanti, C. (2020). PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTI KULTUR. INA-Rxiv.
Zainal Arifin. (2019). DASAR-DASAR KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL (Filsafat Kurikulum yang Mengitarinya). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman.
Zamani, N., & Inayatul Ilahiyah, I. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Pesantren Tebuireng. AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies). https://doi.org/10.26555/al-misbah.v7i1.1128
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.