Dampak Penggunaan Media Pembelajaran ICT Pada Pembelajaran PAI Terhadap Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.24420Keywords:
Dampak, Media Pembelajaran, ICT, PAI, Pendidikan KarakterAbstract
Penggunaan media pembelajaran ICT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Kekuatan media pembelajaran baik dari isi pesan atau alat dan cara yang digunakan dapat mempengaruhi perilaku belajar peserta didik, sehingga dapat berdampak positif atau negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan media pembelajaran PAI berbasis ICT dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di tingkat SMP. Adapun penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan menggunakan metode literatur review atau studi pustaka untuk menjelaskan dampak penggunaan media ICT dalam pendidikan karakter PAI. Jenis tulisan ini dikategorikan sebagai literatur review yang memiliki relevansi tinggi dalam mengembangkan pemahaman terhadap masalah yang dibahas. Proses pengumpulan data dimulai dengan mencari referensi yang relevan dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, ebook, artikel online, dan publikasi pemerintah. Analisis data dilakukan setelah referensi yang sesuai telah terkumpul, dengan langkah-langkah mencari, mengidentifikasi, mempelajari, dan menganalisis informasi yang mendukung pemecahan masalah utama yang diteliti. Metode penulisan ini membahas proses pencarian literatur yang relevan, pemilihan sumber data yang tepat, upaya memahami konteks informasi yang ada, serta analisis mendalam untuk mendukung kesimpulan yang kuat dalam studi ini. Kontribusi dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru terkait dampak media pembelajaran ICT terhadap pembentukan karakter siswa, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam di tingkat SMP.
References
Andri Kurniawan, Sri Jumini Haerudin, Sri Hanipah. Media Pembelajaran Berbasis ICT MI/SD. Padang Sumatera Barat: Get Press Indonesia Anggota IKAPI, 2022.
Brown, Molly Y. Zhou dan David. Educational Learning Theories. 2nd Editio. Education Open textbooks, 2015.
Deri Firmansyah, Dadang Saepuloh. “Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, no. 3 (2022): 297–324.
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc., Drs. R. Rahardjo, M.Sc., Anung Haryono, M.Sc., C.A.S., Harjito. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Raja Wali, 1984.
Ega Rahmat Pauzi, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi Informasi Di SDIT Bina Insan Qur’ani Garut.” Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2023): 179–85. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v2i2.54.
Ependi, Nur Haris & dkk. Pendidikan Karakter. Jakarta: Sada Kurnia Pustaka, 2023.
Hanannika, Laudhira Kinantya, and Sukartono Sukartono. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6379–86. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada, 2017.
Heri Dermawan, Ahmad Farid. “Penerapan Pendidikan Karakter Di SD/MI Berbasis Pembelajaran ICT.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (2022): 285–290. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1179.
I Komang Adil Subagio, Asnah Marlina N. Limbong. “Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Aktivitas Pendidikan.” Journal Of Learning And Technology 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5844, 46.
Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. “Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter Di Era Teknologi 4.0.” J-INSTECH 5, no. 2 (2024): 105–21. https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12034.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Zaman Global. Jakarta: Grafindo, 2010.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter Panduan Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media, 2008.
Maylitha, Evi, Shofi Nurul Hikmah, and Syakira Hanifa. “Pentingnya Information and Communication Technology Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Abad 21.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022): 8051–62.
Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Neysiana Febrianti Sundusiah, Jumadi, J., & Dwi Wahyu Candra Dewi. “Studi Literatur : Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 1, no. 12 (2023): 91–100. https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i12.1405.
Novi Yona Sidratul Munti, Dwi Asril Syaifuddin. “Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (2020).
Noviani, Amin Akbar Dan Nia. “Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2019.
Nurrochman, Taufik, and Budi Murtiyasa. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains 3, no. 2 (2023): 231–40. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i2.902.
Parini. “Application of CAI Method in Tajwid Science Learning Media Applications Multimedia Based.” JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi) 8, no. 1 (2022): 203–8. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v8i2.1595.
Raaniyah, Salma, Unang Wahidin, and Muhamad Priyatna. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Information , Communication , and Technology ( ICT ) Dalam Memingkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Bogor Tahun Ajaran 2020 / 2021.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 1–12. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1609.
Rosary, Putri, Ivan Stevanus, and Atma Jaya. “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information And Communications Technology (ICT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik The Influence Of Information And Communication Technlogy/ ICT-Based Learning Media Towards The Students Learning Outcomes.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 2 (2018): 195–201.
Rozi, Fakrur. Model Pendidikan Karakter Dan Moralitas Siswa Di Sekolah Islam Modern: Studi Pada SMP Pondok Pesantren Selamat Kendal. Semarang: IAIN Walisongo, 2012.
Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.
Saripudin, D., Komalasari, K., & Anggraini, D. N. “Value-Based Digital Storytelling Learning Media to Foster Student Character.” International Journal of Instruction 14, no. 2 (2021): 369–84. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1290969.pdf.
Shuro, Vimbai. “Use Of Information and Communication Technology InTeaching Primary School Learners Experiencing Barriers To Learning In Ekurhuleni Noert District.” University Of South Africa, 2020. https://doi.org/Https://Uir.Unisa.Ac.Za/Bitstream/Handle/10500/27548/Dissertation_Shuro_v.Pdf?Sequence=1&Isallowed=y.
Syamsiani. “Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan.” Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 2, no. 1 (2022): 35–44. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274.
Syarbini, Amirullah. Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak Di Sekolah, Madrasah, Dan Rumah. Jakarta: AS@-Prima Pustaka, 2012.
Widodo, Nurdyansyah & Andik. Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Wiyani, Novan Ardy. Membumikan Pendidikan Karakter Di SD: Konsep, Praktik, Dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Yanti Nurhaeti, A., & Faizah Romadona, N. “Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2024): 39–50. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.464.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 17. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.