Keberagaman Pola Asuh Anak Dalam Keluarga dan Efisiensi Kebutuhan Pendidikan di Era Society 5.0

Yunita Asman, Nelly Mursyidah, Raiyan Raiyan, Syakbi Syakbi

Abstract


Pola asuh orangtua memiliki peran strategis terhadap pendidikan anak-anaknya di masa depan. Pola asuh yang baik mampu mempercepat pemenuhan pendidikan seorang anak. Beberapa pola asuh yang sering diterapkan dalam kelurga Indonesia seperti pola asuh permisif, demokratis dan otoriter. Kajian ini dilakukan untuk melihat keberagaman pola asuh dan efesiensi terhadap kebutuhan pendidikan saat ini. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) yang menggunakan buku, artikel dan sumber lainnya dalam pengumpulan data terkait.Hasil kajian dan temuan di beberapa penelitian sebelumnya ditemukan bahwa diantara berbagai pola asuh maka pola asuh demokratis yang paling banyak diterapkan pada keluaga Indonesia terutama pada keluarga berpendidikan menengah ke atas. Pola asuh demokratis orangtua berusaha mengarahkan anak agar dapat bertingkah laku secara rasional melalui penjelasan setiap perilaku pada anak, tetapi tetap menggunakan wewenangnya atau memberikan hukuman jika dianggap perlu. Orangtua memberlakukan serangkaian standar dan peraturan yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan konsisten. Orangtua demokratis menggunakan kontrol yang tinggi disertai kehangatan yang tinggi. Dari pola asuh di atas dapat diketahui bahwa efesiensi pola asuh dalam ranah pendidikan sebagai orangtua berupaya untuk mengarahkan anak-anaknya untuk sekolah setinggi-tingginya dengan pengawasan yang normal melalui penerapan reward dan punishmet untuk memotivasinya. Pola asuh demokratis juga masih relevan dengan kebutuhan zaman di era society 5.0 saat ini untuk tidak melepaskan dan membiarkan anak sendirian dalam keputusan pendidikannya.


Keywords


Pola Asuh, Efesiensi, Pendidikan, Era society 5.0.

References


Ade Fricticarani, dkk. Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0, Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1.

Agus Hermawan, 2018. Pola Asuh Parental Responsiveness dan Parental Demandingness dalam Keluarga di Era Globalisasi, INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, Vol. 3, No. 1.

Ahmad Pihar. 2022. Modernization of Islamic Religious Education in the Era of Society, Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, Vol.1, No.1; 1-12.

Ambariani dan Rakimahwati. 2023. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 5; 6065-6073.

Asma Fadhilah, 2021. Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2; 90-104.

Fadillah. 2010. Hubungan Tipe Pola Asuh Orangtua dengan Emotional Quotient pada Anak Usia Prasekolah di TK Islam AlFatihah Sumampir Purwokwrto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Vol. 5, No.1.

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Istina Rakhmawati. 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 6, No. 1.

Istina rakhmawati. 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan anak, KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 6, No. 1, Juni 2015; 1-18.

M Sahlan Syafei. 2002. Bagaimana Anda Mendidik Anak, Bogor: Ghalia Indonesia.

Muthi, A., Nuryatmawati, & Fauziah, P. 2020. Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6; 81-92.

Nuraeni& Lubis. 2022. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 10. No. 1; 137-143.

Rabiatul Adawiah. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan), Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol, 7, No, 1; 33-48.

Rani Handayani, 2021. Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga, KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2

Riko Putra, Pola Pengasuhan Orang Tua Dan Peran Guru Dalam Pendidikan Awal Anak, AL-MARSUS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1;1-15.

Singgih D Gunarsa. 2007. Psikologi Remaja, Cet. 16, Jakarta. Gunung Mulia.

Stephanus Turibius Rahmat, 2018. Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak di Era Digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 10, No. 2.

Suswandari, M. 2021. Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1.

Ulfah, Dkk. 2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1.

Wilis Wediningsih. 2020. Penerapan Konsep Mubadalah dalam Pola Pengasuhan Anak, Vol. 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.24461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License