Peningkatan Kinerja Guru melalui Integrasi Nilai -Nilai Islam di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa

Mawardi Pewangi, Ferdinan Ferdinan, Nurhidaya M.

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi upaya meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten melalui pembinaan, pengawasan, dan evaluasi, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam pembentukan karakter guru. Tujuan penelitian ini adalah memastikan bahwa nilai-nilai Islam tercermin dalam praktik sehari-hari para guru, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kombinasi (mixed methods), dengan strategi Concurrent Triangulation untuk membandingkan dan menghubungkan data dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Peningkatan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah Limbung melalui pembinaan, pengawasan, dan evaluasi. Pembinaan dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor, dengan memberikan pelatihan, workshop, dan arahan yang efektif, dinilai tinggi dengan rata-rata 3,82. Pengawasan dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran dan disiplin guru, efektif dengan nilai rata-rata 3,63. Evaluasi kinerja guru bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan, dinilai tinggi dengan nilai rata-rata 3,64, mencakup aspek disiplin, saran perbaikan, dan penghargaan. Selain itu, hasil penelitian menyoroti Nilai-nilai Islam yang Dimiliki Guru di SMA Muhammadiyah Limbung. Guru-guru di sekolah ini memiliki perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam seperti disiplin (rata-rata 3,95), kesabaran (rata-rata 3,70), keramahan (rata-rata 3,58), keadilan (rata-rata 3,89), dan keteladanan (rata-rata 3,86), menciptakan lingkungan pendidikan yang bermoral.


Keywords


Peningkatan, Kinerja Guru, Nilai Islam

References


Avandi, N., Aminin, S., & Suseno, N. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/poace.v1i1.615

Epa, E. (2020). Kinerja Guru Dipengaruhi oleh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 137–144. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1691

Ferdinan, Pewangi, M., & Afifah, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran ISMUBA Berbasis Teknologi di SMP Universitas Muhammadiyah Makassar. 10(2), 165–170.

Ferdinan. (2020). PENILAIAN KINERJA MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1(July), 1–23.

Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795

Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Organisasional Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81–90.

Kusvitaningrum, A. B., Sobri, A. Y., & Sunarni, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 915–926. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926

Lindawati, L., Caska, C., & Mahdum, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kreativitas Guru Terhadap Kinerja Guru Prakarya Dan Kewirausahaan Sma Negeri Dan Swasta Sekota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 87. https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.87-96

Luturkey, G., & Yugopuspito, P. (2022). Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 38–51. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48066

Munawir, M., Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 627–634. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1237

Musyarofah, M., Haryati, T., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(2), 319–335. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i2.9440

Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84. https://doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.84-94

Pratikayanti, P. A. A., & Putra, D. K. N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan Disiplin Guru dengan Kinerja Guru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185

Sentana, I. K., & Wiyasa, I. K. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082

Setiowati, R., Triwiyanto, T., & Zulkarnain, W. (2022). Hubungan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 318–328. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p318-328

Suwatri, S., Herpratiwi, H., Lengkana, D., & Husain, R. I. (2022). Penerapan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menggunakan Aplikasi Berbasis Excell Bagi Komunitas Guru di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1358–1369. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1953

Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776

Wawin, C. K. N., & Astuti, C. W. R. (2022). Analisis Perbedaan Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Pada Guru Yang Bersertifikat Dan Tidak Bersertifikat Di Sma Negeri 1 Dan 2 Nubatukan Kabupaten Lembata. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(1), 43–54. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4605

Yumna, M. S., Wahyuningsih, S., & Rahmawati, A. (2021). Hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAUD pada Masa Pandemi di Kecamatan Laweyan. Kumara Cendekia, 9(4), 234. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54914

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.24520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mawardi Pewangi, Ferdinan Ferdinan, Nurhidaya M.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License