Peningkatan Kinerja Guru melalui Integrasi Nilai -Nilai Islam di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi upaya meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten melalui pembinaan, pengawasan, dan evaluasi, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam pembentukan karakter guru. Tujuan penelitian ini adalah memastikan bahwa nilai-nilai Islam tercermin dalam praktik sehari-hari para guru, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kombinasi (mixed methods), dengan strategi Concurrent Triangulation untuk membandingkan dan menghubungkan data dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Peningkatan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah Limbung melalui pembinaan, pengawasan, dan evaluasi. Pembinaan dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor, dengan memberikan pelatihan, workshop, dan arahan yang efektif, dinilai tinggi dengan rata-rata 3,82. Pengawasan dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran dan disiplin guru, efektif dengan nilai rata-rata 3,63. Evaluasi kinerja guru bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan, dinilai tinggi dengan nilai rata-rata 3,64, mencakup aspek disiplin, saran perbaikan, dan penghargaan. Selain itu, hasil penelitian menyoroti Nilai-nilai Islam yang Dimiliki Guru di SMA Muhammadiyah Limbung. Guru-guru di sekolah ini memiliki perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam seperti disiplin (rata-rata 3,95), kesabaran (rata-rata 3,70), keramahan (rata-rata 3,58), keadilan (rata-rata 3,89), dan keteladanan (rata-rata 3,86), menciptakan lingkungan pendidikan yang bermoral.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Avandi, N., Aminin, S., & Suseno, N. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/poace.v1i1.615
Epa, E. (2020). Kinerja Guru Dipengaruhi oleh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 137–144. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1691
Ferdinan, Pewangi, M., & Afifah, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran ISMUBA Berbasis Teknologi di SMP Universitas Muhammadiyah Makassar. 10(2), 165–170.
Ferdinan. (2020). PENILAIAN KINERJA MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1(July), 1–23.
Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795
Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Organisasional Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81–90.
Kusvitaningrum, A. B., Sobri, A. Y., & Sunarni, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 915–926. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926
Lindawati, L., Caska, C., & Mahdum, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kreativitas Guru Terhadap Kinerja Guru Prakarya Dan Kewirausahaan Sma Negeri Dan Swasta Sekota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 87. https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.87-96
Luturkey, G., & Yugopuspito, P. (2022). Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 38–51. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48066
Munawir, M., Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 627–634. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1237
Musyarofah, M., Haryati, T., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(2), 319–335. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i2.9440
Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84. https://doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.84-94
Pratikayanti, P. A. A., & Putra, D. K. N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan Disiplin Guru dengan Kinerja Guru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185
Sentana, I. K., & Wiyasa, I. K. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082
Setiowati, R., Triwiyanto, T., & Zulkarnain, W. (2022). Hubungan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 318–328. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p318-328
Suwatri, S., Herpratiwi, H., Lengkana, D., & Husain, R. I. (2022). Penerapan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menggunakan Aplikasi Berbasis Excell Bagi Komunitas Guru di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1358–1369. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1953
Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776
Wawin, C. K. N., & Astuti, C. W. R. (2022). Analisis Perbedaan Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Pada Guru Yang Bersertifikat Dan Tidak Bersertifikat Di Sma Negeri 1 Dan 2 Nubatukan Kabupaten Lembata. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(1), 43–54. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4605
Yumna, M. S., Wahyuningsih, S., & Rahmawati, A. (2021). Hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAUD pada Masa Pandemi di Kecamatan Laweyan. Kumara Cendekia, 9(4), 234. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54914
Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.24520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mawardi Pewangi, Ferdinan Ferdinan, Nurhidaya M.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.