References
Avandi, N., Aminin, S., & Suseno, N. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/poace.v1i1.615
Epa, E. (2020). Kinerja Guru Dipengaruhi oleh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 137–144. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1691
Ferdinan, Pewangi, M., & Afifah, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran ISMUBA Berbasis Teknologi di SMP Universitas Muhammadiyah Makassar. 10(2), 165–170.
Ferdinan. (2020). PENILAIAN KINERJA MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1(July), 1–23.
Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795
Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Organisasional Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81–90.
Kusvitaningrum, A. B., Sobri, A. Y., & Sunarni, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 915–926. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926
Lindawati, L., Caska, C., & Mahdum, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kreativitas Guru Terhadap Kinerja Guru Prakarya Dan Kewirausahaan Sma Negeri Dan Swasta Sekota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 87. https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.87-96
Luturkey, G., & Yugopuspito, P. (2022). Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 38–51. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48066
Munawir, M., Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 627–634. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1237
Musyarofah, M., Haryati, T., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(2), 319–335. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i2.9440
Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84. https://doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.84-94
Pratikayanti, P. A. A., & Putra, D. K. N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan Disiplin Guru dengan Kinerja Guru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185
Sentana, I. K., & Wiyasa, I. K. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082
Setiowati, R., Triwiyanto, T., & Zulkarnain, W. (2022). Hubungan Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 318–328. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p318-328
Suwatri, S., Herpratiwi, H., Lengkana, D., & Husain, R. I. (2022). Penerapan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menggunakan Aplikasi Berbasis Excell Bagi Komunitas Guru di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1358–1369. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1953
Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776
Wawin, C. K. N., & Astuti, C. W. R. (2022). Analisis Perbedaan Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Pada Guru Yang Bersertifikat Dan Tidak Bersertifikat Di Sma Negeri 1 Dan 2 Nubatukan Kabupaten Lembata. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(1), 43–54. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4605
Yumna, M. S., Wahyuningsih, S., & Rahmawati, A. (2021). Hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAUD pada Masa Pandemi di Kecamatan Laweyan. Kumara Cendekia, 9(4), 234. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54914
Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011