References
Ainia, D.K. 2020. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia.
Anggraini, Reni., Nurmalisa, Yunisca & Pitoewas, Berchah. 2018. Pengaruh Kegiatan Kokurikuler Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 11.
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1 – 12
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Citra, Y. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249.
Daga, A. T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. 7(3), 1075–1090.
Festiyed, Festiyed, Mega Elvianasti Mikhayla, Skunda Diliarosta, dan Prima Anggana. “Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7, no. 2 (2022): 152–63.
Hasanah, A. 2013. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.
Hergenhahn, B.R. & Olson, Mattew. 2008. Theories Of Learning. Yogyakarta: Fajar Interprtama
Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasai Krisis Pembelajaran https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Lestari, P. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71.
Lexy J. Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Menteri. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23, Tahun 2017, tentang Hari Sekolah.
Menteri. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20, Tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Mulyasa, E. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahar, Novi Irawan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Volume 1. Nomor 1.
Nana Sudjhana dan Ibrahim, 2001 Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rusmaini. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).
Rusuli, Izzatur. 2014. Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pencerahan. Volume 8. Nomor 1.
Rosdiana. 2022. Penerapan Dunia Pendidikan dalam Merdeka Belajar. Jurnal Multidisiplin Ilmu Cahaya Bintang Cemerlang. p-ISSN: 2828-3783, 39-46.
Setiawati, N. A. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan,
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan P&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi dan Purwanto. 2011. ”Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2”. Jakarta : Salemba Empat.
Syarbini, A. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Asa-Prima Pustaka.
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 6. Universitas Pendidikan Mandalika
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).
Zuhdi, A., & Rohaniawati, D. (2012). Membangun Karakter Pendidikan Dengan Akhlak Mulia. Bandung: Alfabeta