ISLAMIC BOARDING SCHOOL: CONTENTS EXTREMISM IN ANATOMY OF THE ISLAMIC RADICALISM MOVEMENT

Authors

  • Fani Azfar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lintang Ramadhani Universitas KH.A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Zuhur Diana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.22373/3p9v3m43

Keywords:

Islamic boarding school, Modern Islamic Boarding, School, Radicalism, Fanaticism

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang distorsi gerakan radikalisme yang menyasar pesantren. Pesantren sering kali diberi kesan sebagai lembaga yang mencetak kader-kader radikal. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari peristiwa pengeboman yang terjadi di WTC Amerika Serikat dan Bom Bali. Pesantren di Indonesia dalam memberikan pengajaran kepada santri sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai radikalisme yang diasumsikan oleh orang Barat terhadap dunia Islam. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan kajian mendalam tentang anatomi gerakan radikalisme Islam di pesantren. Untuk mengupas hal tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research untuk mengumpulkan data yang selaras dengan tema yang sedang penulis kaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pesantren sebagai sarang radikalisme merupakan sebuah distorsi. Dalam perdebatannya, pesantren mengajarkan nilai-nilai Rohmatan lil alamin yang dalam hal ini sangat bertolak belakang dengan ajaran radikalisme.

References

Abdillah, Junaidi. 2017. “Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat ‘Kekerasan’ Dalam Al-Qur’an.” Kalam 8 (2): 281. https://doi.org/10.24042/klm.v8i2.224.

Abdullah, Anzar. 2016. “Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis.” Addin 10 (1): 1. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1127.

Ainur, Rokhim Moh., and Ubaidillah Wasi. 2018. “Eksistensi Pesantren Ditengah Pusaran Radikalisme Dan Ideologi Transnasional.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam XIX: 10–27.

Ananda, Wiga, and Maemonah Maemonah. 2022. “Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (5): 6564–75. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3179.

Anzar, Abdullah. 2016. “Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis.” Addin 10 (1): 1–28.

Ashmawi, Muhammad Said Al. 1998. Against Islamic Extremism: The Writings of Muhammad Said Al Ashmawi. Florida: University Press of Florida.

Farida, Umma. 2015. “Radikalisme, Moderatisme, Dan Liberalisme Pesantren: Melacak Pemikiran Dan Gerakan Keagamaan Pesantren Di Era Globalisasi.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10 (1): 145–64. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.789.

Fata, Ahmad Khoirul, and M. Ainun Najib. 2014. “Kontekstualisasi Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari Tentang Persatuan Umat Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.” Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38 (2): 319–34.

Hakim, Abdurrahman, and Yunita Sari. 2022. “Pendidikan Pesantren Sebagai Upaya Deradikalisasi Di Indonesia.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 57–71.

Hasani, Ismail, and Bonar Tigor Naipospos. 2012. Dari Radikalisme Menuju Terorisme. Yogyakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khamami, Zada. 2002. Islam Radikal: Pergulatan Ormas-Ormas Radikal Di Indonesia. Jakarta: Teraju.

Madjid, Nurcholis. 1985. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: P3M.

Masyhud, M. Sulthon, and M. Khusnurridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Pendidikan, Direktorat, and Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah pada Pondok Pesantren. 2003. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Qardhowi, Yusuf Al. 2001. Assahwah Al Islamiyyah: Bainal Juhad Wattatarruf. Kairo: Bank At Taqwa.

Rasyid, M. 2016. “Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif Kh. Hasyim Muzadi. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 11 (1): 93–116.

Rusandi, and Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2 (1): 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Shihab, M. Quraisy. 2007. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sudjibno, A. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Talib, Abdul. 2015. "Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern." Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern 1 (1): 60–66.

Turmudi, Endang, and Riza Sihbudi. 2005. Islam Dan Radikalisme Di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Artikel