ISLAMIC BOARDING SCHOOL: CONTENTS EXTREMISM IN ANATOMY OF THE ISLAMIC RADICALISM MOVEMENT
DOI:
https://doi.org/10.22373/3p9v3m43Keywords:
Islamic boarding school, Modern Islamic Boarding, School, Radicalism, FanaticismAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang distorsi gerakan radikalisme yang menyasar pesantren. Pesantren sering kali diberi kesan sebagai lembaga yang mencetak kader-kader radikal. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari peristiwa pengeboman yang terjadi di WTC Amerika Serikat dan Bom Bali. Pesantren di Indonesia dalam memberikan pengajaran kepada santri sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai radikalisme yang diasumsikan oleh orang Barat terhadap dunia Islam. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan kajian mendalam tentang anatomi gerakan radikalisme Islam di pesantren. Untuk mengupas hal tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research untuk mengumpulkan data yang selaras dengan tema yang sedang penulis kaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pesantren sebagai sarang radikalisme merupakan sebuah distorsi. Dalam perdebatannya, pesantren mengajarkan nilai-nilai Rohmatan lil alamin yang dalam hal ini sangat bertolak belakang dengan ajaran radikalisme.References
Abdillah, Junaidi. 2017. “Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat ‘Kekerasan’ Dalam Al-Qur’an.” Kalam 8 (2): 281. https://doi.org/10.24042/klm.v8i2.224.
Abdullah, Anzar. 2016. “Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis.” Addin 10 (1): 1. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1127.
Ainur, Rokhim Moh., and Ubaidillah Wasi. 2018. “Eksistensi Pesantren Ditengah Pusaran Radikalisme Dan Ideologi Transnasional.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam XIX: 10–27.
Ananda, Wiga, and Maemonah Maemonah. 2022. “Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (5): 6564–75. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3179.
Anzar, Abdullah. 2016. “Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis.” Addin 10 (1): 1–28.
Ashmawi, Muhammad Said Al. 1998. Against Islamic Extremism: The Writings of Muhammad Said Al Ashmawi. Florida: University Press of Florida.
Farida, Umma. 2015. “Radikalisme, Moderatisme, Dan Liberalisme Pesantren: Melacak Pemikiran Dan Gerakan Keagamaan Pesantren Di Era Globalisasi.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10 (1): 145–64. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.789.
Fata, Ahmad Khoirul, and M. Ainun Najib. 2014. “Kontekstualisasi Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari Tentang Persatuan Umat Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.” Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38 (2): 319–34.
Hakim, Abdurrahman, and Yunita Sari. 2022. “Pendidikan Pesantren Sebagai Upaya Deradikalisasi Di Indonesia.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 57–71.
Hasani, Ismail, and Bonar Tigor Naipospos. 2012. Dari Radikalisme Menuju Terorisme. Yogyakarta: Pustaka Masyarakat Setara.
Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Khamami, Zada. 2002. Islam Radikal: Pergulatan Ormas-Ormas Radikal Di Indonesia. Jakarta: Teraju.
Madjid, Nurcholis. 1985. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: P3M.
Masyhud, M. Sulthon, and M. Khusnurridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Pendidikan, Direktorat, and Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah pada Pondok Pesantren. 2003. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Qardhowi, Yusuf Al. 2001. Assahwah Al Islamiyyah: Bainal Juhad Wattatarruf. Kairo: Bank At Taqwa.
Rasyid, M. 2016. “Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif Kh. Hasyim Muzadi. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 11 (1): 93–116.
Rusandi, and Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2 (1): 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.
Shihab, M. Quraisy. 2007. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sudjibno, A. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Talib, Abdul. 2015. "Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern." Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern 1 (1): 60–66.
Turmudi, Endang, and Riza Sihbudi. 2005. Islam Dan Radikalisme Di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fani Azfar, Lintang Ramadhani, Lintang Ramadhani, Zuhur Diana, Zuhur Diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.