References
Ali, M. (2014). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. 43–56. http://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/viewFile/2099/1489
Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101
Ernawati. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL). SHEs: Conference Series, 5(5), 1230–1236. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Ferdinan, Pewangi, M., & Afifah, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran ISMUBA Berbasis Teknologi di SMP Universitas Muhammadiyah Makassar. 10(2), 165–170.
Ferdinan. (2017). Pondok Pesantren Dan Ciri Khas Perkembangannya. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.348
Herlina, L., & PP Muhammadiyah. (2022). Risalah Islam Berkemajuan (Keputusan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah Tahun 2022). Widya Balina, 7(1), 6–13.
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4117
Huda, M. N., Duwila, M., & Rohmadi, R. (2023). Menantang Disintegrasi Moral di Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Revolusioner Pondok Pesantren. Journal of Islamic Education, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22805
Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 163. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607
Kahfi, M. (2020). Peranan Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Berkemajuan Di Era Modern. Al-Risalah, 11(2), 110–128. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i2.590
Lathifah, U., & Triono Ali Mustofa. (2024). Keselarasan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum ISMUBA dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PK Muhammadiyah Kottabarat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1413–1424. https://doi.org/10.58230/27454312.585
Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 85. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906
Mundofi, A. A. (2024). Pengembangan Kurikulum ISMUBA dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan, 4(1), 65–75. https://oi.org/10.18196/jasika.
Murdiyanto, M., & Choirin, M. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15421%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/15421/8161
Nerizka, D., Latipah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor Hereditas Dan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 55–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38234
Pajarianto, H. (2023). Identifikasi dan inkulturasi Islam Berkemajuan dalam kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Muhammadiyah Boarding School. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 19. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8952
Qodir, Z. (2019). Islam Berkemajuan Dan Strategi Dakwah Pencerahan Umat. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 209. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1630
Rizkiyah Anur Azizah, R. (2023). Peningkatan Religiusitas Santri Melalui Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 3(1), 80–98. https://doi.org/10.58573/tafahus.v3i1.63
Rodin, R., & Huda, M. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Multikultural. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 110–119. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.136
Trivena, T., & Hakpantria, H. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3), 326. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.13841
Wibisono, Y. (2020). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Ismuba Di Smp Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.24127/att.v3i2.1124
Widayanti, F. E. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba Di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3572
Zarro, M. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 61–66. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21503