Komitmen Guru Profesional Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v4i1.277Keywords:
Profesi Guru, Kemampuan PembelajaranAbstract
Bahwa profesi akan hidup dan berkembang jika profesi itu dihargai masyarakat, dan penghargaan dari masyarakat ter-hadap sebuah profesi ditunjukkan olehnya untuk memilih profesi sebagai suatu pilihan terbaik. Pilihan masyarakat terhadap profesi tersebut disebabkan profesi itu dianggap sulit untuk dimasuki oleh seseorang dan sesuai dengan hukum pasar, sehingga peng-hargaan terhadap profesi itu sesuai dengan kesulitan bagi memasukinya. Kemampuan seseorang guru selalu kaitan dengan tanggung jawab yang harus dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, termasuk seluruh bi-dang studi yang diajarkan. Bahwa tanggungjawab itu punya aspek individual, sosial, etis dan religius. Maka dengan demikian ke-beradaan seorang guru sebagai pemelajar punya tanggung jawab secara intelektual, dan bahkan guru se¬cara nalar mampu mengembang-kan berbagai berpikir, problematis dan sistematis.References
Cahndler, B. J., Education and The Teacher, New York: Dodd, Mead and Company Inc, 1993.
Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan, Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Eric, Hoyle, The Role of Teacher, New York: Prentice Hall Inc, 1991.
Imron, Ali, Pembinaan Guru di Indonesia, Malang: IKIP Malang, 1995.
Paulo Freire. Pedagogy of The Oppressed, New York : Penguin Book, 1982.
Richey, Robert W, Planning For Teaching, An Introduction to Education, New York: Harper, tt.
Soedijarto, Menuju pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka, 1993.
-------, Pendidikan Nasional Sebagai Proses Transformasi Budaya, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Tilaar, H.A.R., Paradikma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.