Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Guru Pada MTsN Sigli Kabupaten Pidie

Juhor Juhor

Abstract


Kepemimpinan kepala sekolah identik dengan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh kepala sekolah untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, meng-gerakkan, dan mengarahkan warga sekolah agar menerima pengaruhnya demi tercapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam merencanakan program, melaksanakan program, mengorganisasikan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi untuk meningkatkan pembelajaran guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam merencanakan program pembelajaran guru menggunakan gaya kepemimpinan yang bervariasi sesuai dengan masalah yang dihadapi para guru. Secara dominan kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis sehingga guru-guru merasa sangat senang dalam melaksanakan tugasnya. 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan program pembelajaran guru pada MTsN Sigli adalah dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. 3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengorganisasikan pembelajaran guru dengan menerapkan gaya situasional. Upaya ini ditempuh kepala sekolah untuk meningkatkan komitmen guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru pada MTsN Sigli adalah dengan menerapkan gaya situasional.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan dan Pembelajaran

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i1.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Mudarrisuna (Media Kajian Pendidikan Agama Islam)



Membership:
       

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2019 LP2M UINAR or its licensors or contributors.