Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Ainal Mardhiah

Abstract


Conditions of Arab society at the time of ignorance in some ways already relatively advanced, but in other aspects is very low condition, made them lag behind others in the surrounding area. Spread vile and despicable behavior and cases being challenged by common sense, developing a wide range of free relations between men and women such as: custom ordered her husband's affair with another male with an alibi for a good looking and intelligent offspring. Rampant adultery in various walks of life and legalization where adultery, marriage customs that prioritizes marriage with the mother or with your own. Polygamy with no definite boundaries, cultures killing daughter due to shame, the worship of idols and ruler rampant. Muhammad presence among them have changed and educate them in many ways in the direction of progress, unity, fraternity, equality and educate them to respect women, and children.


Kondisi masyarakat Arab pada masa jahiliyah dalam beberapa segi sudah relatif maju namun di segi-segi lainnya sangat terpuruk kondisinya, menjadikan mereka tertinggal dari daerah lain di sekitarnya. Tersebarnya perilaku hina dan tercela serta perkara yang diingkari oleh akal sehat, berkembang berbagai macam hubungan bebas antara laki-laki dan perempuan seperti : kebiasaan suami menyuruh istrinya berselingkuh dengan laki-laki lainnya dengan alibi untuk mencari keturunan yang baik dan cerdas. Maraknya perzinaan di berbagai lapisan masyarakat dan legalisasi tempat perzinaan, adat perkawinan yang mengutamakan perkawinan dengan ibu atau dengan saudara sendiri. Poligami dengan tidak ada batasan yang pasti, budaya membunuh anak perempuan dikarenakan rasa malu, penyembahan terhadap berhala-berhala dan penguasa merajalela. Kehadiran muhammad dikalangan mereka telah mengubah dan mendidik mereka dalam banyak hal ke arah kemajuan, persatuan, persaudaraan, persamaan hak dan mendidik mereka menghormati kaum wanita, dan anak-anak.

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Keywords


Nilai; Pendidikan; Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazaly, M., Fiqhus Sirah (Menghayati Nilai-Nilai Riwayat Hidup Rasulullah SAW), terj. Abu Laila, Muhammad Thahir, (Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1988).

Al-Ismail,Tahia., Tarikh Muhammad SAW Teladan Perilaku Umat, (Jakarta: Sri Gunting: 1996).

Al-Mubarakfury, Syafiyyurrahman., Sirah Nabawiyah, (Jakarta: Rabbani Press, 1998).

Al-Qur’an dan Terjemahan, Departemen Agama RI.

Guillame, A., The Life of Muhammad a Translation of Ibnu Ishag’s Sirat Rasul Allah, cet. III, (London: Oxford University Press, 1970).

Husein Haikal, M., Sejarah Hidup Rasulullah, cet. XXV, (Jakarta: Litera Antar Nusa, 2001).

Ridha, M., Muhammad Rasulullah, Darul Haya-i Al-Kutubil ‘Arabiah ‘Isa Al-Babi Al-Halaby wa Syurkah, t.t.

Sa’id Ramadhan Al-Buthy, M., Sirah Nabawiyah (Analisis Ilmiah Manhajiah Terhadap Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasulullah SAW), cet. VI, (Jakarta: Rabbani Press, 1995).

Subhani, Ja’far., Ar-Risalah (Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW), (Jakarta: Lentera, 1996).

Syafiur-Rahman, Syaikh., Sirah Nabawiyah, (Jakarta: Pustaka Kautsar, 1998).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam



      

          

 

  

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License