Akhlak dan Hubungannya Dengan Aqidah Dalam Islam

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Islam is a religion that teaches the truths and values are universal and eternal. He has the ability to expand in line with the pace of technological development and civilization. Qur'an is still and will continue to have a function as a way of life for Muslims in any part of the earth, for the present and the days to come. In determining the position of the moral teachings of Islam, Islam has a theoretical foundation and purpose of its own. This is certainly not independent of the overall teachings of Islam which is based on the Qur'an and hadith. Morals have a very important position in Islam, because the scope of Islam, can not be separated from the three components, namely belief, Shari'ah and morals. Three things are mutually supportive and are closely related to one another. Creed is a person's belief in the Unseen, such as faith in God, as summed up in the six pillars of faith. Shari'ah, also known as worship, a way or ways that must be done every Muslim in an effort to get closer to his Creator, such as establishing and other prayers that are already mentioned in the pillars of Islam. While the character is the attitude of every human being conducted for the perfection of faith and shari'a or worship.


Islam adalah suatu agama yang mengajarkan kebenaran-kebenaran dan tata nilai yang universal dan kekal. Dia mempunyai kemampuan untuk mengembang sejajar dengan laju perkembangan teknologi dan peradaban. Al-Qur’an masih dan akan tetap mempunyai fungsi sebagai pedoman hidup bagi umat Islam di bagian bumi manapun, untuk masa kini dan masa-masa akan datang. Dalam menetapkan ajaran mengenai kedudukan akhlak dalam Islam, maka Islam mempunyai landasan teoretik dan tujuannya tersendiri. Hal ini tentunya tidak terlepas dari ajaran Islam secara keseluruhan yang bersumber pada al-Qur’an dan hadith. Akhlak memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam, dikarenakan ruang lingkup Islam, tidak bisa lepas dari tiga komponren, yaitu akidah, syari’at dan akhlak. Tiga hal ini saling mendukung dan memiliki keterkaitan erat antar satu dengan lainnya. Akidah merupakan keyakinan seseorang kepada yang gaib, seperti beriman kepada Allah SWT sebagaimana tersimpul dalam rukun iman yang enam. Syari’ah, disebut juga dengan ibadah, merupakan jalan atau cara-cara yang wajib dilakukan setiap muslim dalam upaya mendekatkan diri dengan Khaliq-Nya, seperti mendirikan shalat dan lainnya yang yang telah disebutkan dalam rukun Islam. Sedangkan akhlak merupakan sikap dari setiap manusia yang dilakukan demi kesempurnaan akidah dan syari’ah atau ibadahnya.

Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Islam

Keywords


Pendidikan; Akhlak; Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Abdul majid, Dian Andayani. Pedidikan karakter Dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama, 2010.

Abdullah Munir, Pendidikan Karakter, Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah, Yogyakarta: Pedagogia, 2011.

Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Bandung: Asy-Syifa, 1998.

Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, di Sekolah, dan di Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Abuddin Nata. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2007.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Perspektif Islam, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2000.

Ahmad Zayadi, Abdul Majid. Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Al Tridhonanto,Beranda Agency, Membangun Karakter Sejak Dini,Jakarta:PT Elex Media Kompotindo, 2011.

Amirulloh Syarbini, Pendidikan Karakter, Jakarta: Asa PrimaPustaka, 2010.

Amru Khalid. Tampil menawan Dengan Akhlak Mulia. Jakarta: Cakrawala Publishing, 2008.

Anonim, Panduan Pelatihan Pendidikan Karakter, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.

Asep Barhia, 5 Menit Merubah Karakter, Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Madrasah Melalui Metode Asbari, Bandung: Fajar Media, 2012.

Bambang Q. Aness dan Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Simbiosa Rekatama Media, 2008.

Darma Kusuma, dkk, Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Degeng, S Nyoman,1989,Taksonomi Variabel , Jakarta, Depdikbud.

Depdiknas, 2003, Undang-undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id

Doni Koesuma A, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman global, Jakarta: Grasindo, 2007.

Endang Somantri, Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya PembinaanKepribadian Bangsa, Bandung: laboratorium PKn UPI, 2011.

Fatchul Mu’in. Pedidikan karakter kontruksi teoritik dan praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, Bairut: Dar Al Fikr, 1983.

Maswardi Muhammad Amin, Pendidikan Karakter Anak Bangsa,Jakarta: Baduose Media, 2011.

Muhammad Suwaid, Mendidik Anak Bersama Rasulullah SAW, Solo: Pustaka Arafah, 2004.

Nurla Isna Aunillah, Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Laksana, 2011.

Rachman, Maman. 2000. Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun Ke-7

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter, Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa, Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Samsul Munir, Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami, Jakarta: Amzah, 2007.

Saptono, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Erlangga, 2011.

Thomas Lickona, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1993.

Umar Hasyim, Cara Mendidik Anak Dalam Islam, Surabaya: Bina Ilmu, 1995.

Zakiah Daradjat, Problem Remaja Di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam



      

          

 

  

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License