INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TOLERANSI BERAGAMA ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR

Husna Akbar, Rusli Malli, Abdul Azis Muslimin, Sumiati Sumiati

Abstract


Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Dibimbing oleh Rusli Malli dan Abdul Azis Muslimin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (2) Untuk mengetahui proses Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai- nilai Pendidikan islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan siswa non muslim Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menghasilkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan islam yang di tanamkan kepada peserta didik di SMPN Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, yaitu nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Pada nilai akidah yang ditanamkan di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru nilai akidah yang meliputi pengajaran secara lisan dan pengajaran melalui perilaku. Pada nilai syariah yang di utamakan yaitu kegiatan keagamaan yang bersumber dari Alquran dan nilai akhlak yang ditanamkan, yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan ajaran islam. 2) Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, berlangsung dari dua aspek yaitu aspek komponen Internalisasi yang terbagi menjadi tiga komponen yaitu: Peserta didik, Guru PAI, Kepala Sekolah. Aspek proses internalisasi yang terbagi menjadi dua proses yaitu: Proses Kognitif dan Proses Afektif 3) Adapun faktor- faktor yang menghambat dan mendukung internalisasi nilai- nilai pendidikan agama islam berbasis toleransi antar umat beragama di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru adalah Faktor Pendukung yang meliputi kemampuan pendidik dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan islam berbasis toleransi antar umat beragama yang baik, kebijakan sekolah yang toleran, dan kesadaran siswa yang tinggi mengenai toleransi dan Faktor penghambat meliputi : pengaruh media sosial yang provokatif sehingga menimbulkan sikap fanatisme yang berlebihan dan pengaruh lingkungan luar yang negatif.

 


Keywords


Internalisasi Nilai, Pendidikan Islam, Toleransi

References


Alquran al karim dan Terjemahnya

Abdullah Maskuri, 2001 Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan,

Jakarta: Buku Kompas

Abdullah Taufik, 2022. Ensiklopedi Dunia Islam Jilid 3, akarta: PT Ichtiar Baru

Van Hoeve.

Agil Said & Husain Al-Munawwar, 2005. Fikih Hubungan Antar Agama,

Jakarta: Ciputat Press

Bungin Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif , Jakarta: Kencana

Effendi Djohan, 1985. Dialog antar Agama, Bisakah Melahirkan Kerukunan,

Agama dan Tantangan Zaman, Jakarta: LP3ES

Elga Sarapung, 2022. Pluralisme, Konflik dan Perdamaian Yogyakarta:

Pustaka Pelajar,

Endang Busri, Mengembangkan Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan

Peserta didik’, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol.2

Halim M. Abdul Nippan, 2001. Anak Shaleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta :

Mitra Pustaka

Hermawan Iwan,2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif

dan Mixed Methode, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan

Herlina Vivi, 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan

SPSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kriyanto Rachmat, 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana

Marzuki, 2012. Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Penerbit Ombak

Muhaimin, 2012. Paradigma Penddikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan

Islam di Sekolah, Bandung:Rosdakarya

Mulyana Deddy,2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Muhammad Alim, 2016. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan

pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Praptono Risa, et al, 2004. Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda,

Jakarta: Grasindo

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasioanal.2003. Kamus Besar Bahasa

Indonseia, Jakarta: Balai Pustaka

Qardawi Yusuf, 2000. Merasakan Kehadiran Tuhan, Yogyakarta: Mitra Pustaka

Risa Praptono, et al., eds., 2004. Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda,

Jakarta: Grasindo

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:

Alfabeta,

-----------, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Bandung:

Alfabeta

Suprayogo Imam & Tobroni, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutopo Ariesto Hadi & Adrianus Arief, 2010.Terampil Mengolah Data Kualitatif

dengan NVivo , Jakarta: Kencana

Sodik Siyoto Sandu, 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi

Media Publishing

Thoba Chatib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka

Belajar

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Cet.7; Jakarta; Sinar Grafika

Zuhairini, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v15i1.29129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Husna Akbar, Rusli Malli, Abdul Azis Muslimin, Sumiati Sumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 This journal has been indexed by:

CopernicusGoogle ScholarSinta 3DOAJMorarefGarudaCrossRef BASE

 JURNAL MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
except where otherwise noted.