INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TOLERANSI BERAGAMA ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.29129Keywords:
Internalisasi Nilai, Pendidikan Islam, ToleransiAbstract
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Dibimbing oleh Rusli Malli dan Abdul Azis Muslimin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (2) Untuk mengetahui proses Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai- nilai Pendidikan islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan siswa non muslim Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan islam yang di tanamkan kepada peserta didik di SMPN Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, yaitu nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Pada nilai akidah yang ditanamkan di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru nilai akidah yang meliputi pengajaran secara lisan dan pengajaran melalui perilaku. Pada nilai syariah yang di utamakan yaitu kegiatan keagamaan yang bersumber dari Alquran dan nilai akhlak yang ditanamkan, yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan ajaran islam. 2) Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, berlangsung dari dua aspek yaitu aspek komponen Internalisasi yang terbagi menjadi tiga komponen yaitu: Peserta didik, Guru PAI, Kepala Sekolah. Aspek proses internalisasi yang terbagi menjadi dua proses yaitu: Proses Kognitif dan Proses Afektif 3) Adapun faktor- faktor yang menghambat dan mendukung internalisasi nilai- nilai pendidikan agama islam berbasis toleransi antar umat beragama di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru adalah Faktor Pendukung yang meliputi kemampuan pendidik dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan islam berbasis toleransi antar umat beragama yang baik, kebijakan sekolah yang toleran, dan kesadaran siswa yang tinggi mengenai toleransi dan Faktor penghambat meliputi : pengaruh media sosial yang provokatif sehingga menimbulkan sikap fanatisme yang berlebihan dan pengaruh lingkungan luar yang negatif.
References
Alquran al karim dan Terjemahnya
Abdullah Maskuri, 2001 Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan,
Jakarta: Buku Kompas
Abdullah Taufik, 2022. Ensiklopedi Dunia Islam Jilid 3, akarta: PT Ichtiar Baru
Van Hoeve.
Agil Said & Husain Al-Munawwar, 2005. Fikih Hubungan Antar Agama,
Jakarta: Ciputat Press
Bungin Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif , Jakarta: Kencana
Effendi Djohan, 1985. Dialog antar Agama, Bisakah Melahirkan Kerukunan,
Agama dan Tantangan Zaman, Jakarta: LP3ES
Elga Sarapung, 2022. Pluralisme, Konflik dan Perdamaian Yogyakarta:
Pustaka Pelajar,
Endang Busri, Mengembangkan Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan
Peserta didik’, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol.2
Halim M. Abdul Nippan, 2001. Anak Shaleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta :
Mitra Pustaka
Hermawan Iwan,2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif
dan Mixed Methode, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan
Herlina Vivi, 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan
SPSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Kriyanto Rachmat, 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana
Marzuki, 2012. Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Penerbit Ombak
Muhaimin, 2012. Paradigma Penddikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan
Islam di Sekolah, Bandung:Rosdakarya
Mulyana Deddy,2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Muhammad Alim, 2016. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan
pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Praptono Risa, et al, 2004. Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda,
Jakarta: Grasindo
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasioanal.2003. Kamus Besar Bahasa
Indonseia, Jakarta: Balai Pustaka
Qardawi Yusuf, 2000. Merasakan Kehadiran Tuhan, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Risa Praptono, et al., eds., 2004. Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda,
Jakarta: Grasindo
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:
Alfabeta,
-----------, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Bandung:
Alfabeta
Suprayogo Imam & Tobroni, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama,
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sutopo Ariesto Hadi & Adrianus Arief, 2010.Terampil Mengolah Data Kualitatif
dengan NVivo , Jakarta: Kencana
Sodik Siyoto Sandu, 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi
Media Publishing
Thoba Chatib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka
Belajar
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Cet.7; Jakarta; Sinar Grafika
Zuhairini, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.