UPAH GURU DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Mengulas Perbedaan Pandangan Antara Dayah dan Madrasah)
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.29257Keywords:
Upah guru, filsafat pendidikan Islam, madrsah dan dayahAbstract
Artikel ini mengeksplorasi perbedaan pandangan tentang upah guru di lembaga pendidikan Islam (dayah) dan sekolah. Sementara dayah mengutamakan komitmen, tanggung jawab, dan dedikasi tanpa pamrih, sekolah mengakui perlunya gaji/upah guru. Artikel ini membahas dasar perbedaan penerapan gaji/upah guru di lembaga madrasah dan dayah dengan menganalisis pandangan para filsuf Muslim. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian pustaka, memanfaatkan buku, artikel, dan sumber lain untuk pengumpulan data. Analisis data melibatkan perbandingan landasan berpikir tentang upah guru di dayah dan sekolah, beserta perspektif para ulama seperti Al-Ghazali, Al-Zarnuji, Ibn Jama’ah dan Ibn Sahnun. Temuan mengungkapkan sudut pandang yang beragam tentang upah guru, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis ilmu yang diajarkan dan sumber finansial. Pengaruh Al-Ghazali pada dayah dan peran pemerintah di sekolah berkontribusi pada perbedaan perspektif. Pada akhirnya, penelitian ini menyoroti misi dan tujuan yang berbeda antara dayah dan sekolah, dengan yang pertama memprioritaskan kesalehan dan yang terakhir menekankan pengetahuan dan keterampilan, yang mengarah pada variasi dalam komponen pendidikan mereka, termasuk upah guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.