Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi

Susanna Susanna

Abstract


Education is the process of changing attitudes and code of conduct of a person or group of people within the framework of human mature through teaching and training efforts. Behavior is a very important factor in the success of a teacher as an agent in learning. Teacher's personality will determine whether he be a good educator and mentor for the students. The phenomenon shows that globalization, especially those that are negative, if not careful will destroy the young generation with deviant behaviors.

Abstrak
Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Kepribadian merupakan faktor yang sangat penting dalam kesuksesan seorang guru sebagai agen dalam pembelajaran. Kepribadian seorang guru akan menentukan apakah ia menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi anak didiknya. Fenomena menunjukan bahwa arus globalisasi, terutama yang bersifat negative, bila tidak hati-hati akan menghancurkan generasi muda dengan perilaku-perilaku yang menyimpang.

Kata Kunci: Kepribadian Guru PAI dan Globalisasi

Keywords


Kepribadian Guru PAI; Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Asrorun Niam, Membangun Profesionalitas Guru Jakarta, Rosda Karya, 2003.

Baharuddin, Psikologi Pendidikan-Refleksi Teoretis terhadap Fenomena, Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2007.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertefikas Guru, Bandung, Rosda Karya, 2008.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Cet. 3, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Farida Sarimaya, Sertifikasi Guru – Apa, Mengapa dan Bagaimana? Bandung: Yrama Widya, 2008.

Geogre G. Young disadur oleh Dwi Sunar P, Membaca Kepribadian Orang, Cet-11, Jogjakarta: THINK, 2008.

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet-14, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Cet-3; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam



Membership:
       

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2019 LP2M UINAR or its licensors or contributors.